Volkswagen Luncurkan Touran Versi Facelift
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 12 April 2010 17:20 WIB
vw touran facelift

TEMPO Interaktif, Jakarta - Volkswagen AG berencana meluncurkan Touran versi facelift di ajang Leipzig Auto Show 2010 yang berlangsung pekan ini.

"Perubahan tak hanya pada tampilan semata tetapi juga pada mesin," sebut siaran pers VW seperti dikutip Autoevolution.com

Sementara itu, PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek Volkswagen (VW) di Indonesia belum punya rencana untuk memboyong Multi Purpose Vehicle (MPV) besutan VW AG. Selain generasi sebelumnya baru diluncurkan di Indonesia baru satu tahun (Mei 2009), ATPM ini juga masih mempelajari kiprah generasi anyar Touran itu di pasar negara lain.

“Kami masih belum punya rencana (untuk memasarkan Touran versi facelift). Apalagi versi sebelumnya baru satu tahun,” tutur Andrew Nasuri, Chief Executive Officer PT GMM, saat dihubungi di Jakarta.

Namun Andrew menolak bila disebut Touran generasi sebelumnya tak diminati oleh konsumen di Indonesia. Menurutnya, meski relative kecil namun penjualan Touran selama 2009 – 2010, cukup bagus untuk ukuran mobil Eropa. 

“Ada sekitar 7 – 9 unit. Ini cukup bagus, karena memang sejak dari awal kami memboyong Touran – termasuk mendirikan pabrik perakitan di Indonesia – karena memang ingin belajar cara memproduksi mobil yang baik dan benar,” papar Andrew.

Seperti diwartawakan Autoevolution, di varian mesin bensin VW AG, kini VW memberikan satu tawaran tipe mesin baru yaitu mesin 1.200 cc selain. Mesin anyar itu diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 10 daya kuda. Sebelumnya, hanya ditawarkan mesin bensin 1.400 cc dan mesin bensin 1.600 cc.

Pada tipe mesin bensin 1.400 cc TSFI (Turbo Fuel Stratified Gasoline Direct Injection) kini ada dua pilihan berdasar tenaga yang disemburkan,140 daya kuda dan 168 daya kuda.

Sedangkan di varian mesin disel selain ada pilihan model lama dengan mesin 1.600 cc bertenaga 89 dan 10 daya kuda, juga ditawarkan tipe bermesin 2.000 cc yang mampu menyemburkan tenaga 138 dan 168 daya kuda.

Ihwal fitur baru, VW mengaku membekali model anyarnya itu dengan teknologi Dynamic Light Assist yaitu sebuah piranti untuk menyesuaikan cahaya lampu kala berpapasan dengan mobil lain. Walhasil, pengemudi Touran ini maupun pengemudi mobil lain tak akan terganggu silau cahaya lampu.

Sedangkan di eksterior grill, bemper depan, belakang, lampu baik depan maupun belakang, hingga lampu rem tampil dengan desain baru. Sentuhan perubahan juga terlihat di kabin, di mana lapisan krom menghiasi beberapa panel. 

Dengan serangkaian perubahan itu, VW membanderol MPV besutannya itu 19.367 euro atau sekitar Rp 235 juta. Tapi, itu harga di Jerman, bila masuk ke Indonesia harganya bisa dua kali lipat. Generasi sebelumnya yang diluncurkan di Indonesia pada Mei 2009 lalu, dibanderol di kisaran Rp 400 juta.

ARIF ARIANTO 

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi