Penjualan Mercedes Indonesia Naik 44 Persen  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 14 April 2010 19:34 WIB
www.benzinsider.com

TEMPO Interaktif, Jakarta:Mobil mewah Mercedes Benz ternyata memiliki peminat yang terus bertambah di Indonesia. Setidaknya, itu tercermin dari kinerja penjualan model premium besutan pabrikan asal Jerman tersebut.

PT Mercedes Benz Indonesia (PT MBI) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Mercedes di Indonesia menyebut, selama kuartal pertama 2010 ini penjualan merek itu mencapai 590 unit. "Penjualan itu meningkat 44 persen dibanding periode sama tahun lalu," ujar Rudi Borgenheimer, Presiden Direktur PT MBI dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu (14/4).

Rudi menambahkan, penjualan sepanjang 2009 lalu pasar otomotif Indonesia juga terpengaruh oleh krisis keuangan global. Kondisi itu, sebutnya, juga berpengaruh terhadap kinerja penjualan Mercedes. "Tahun ini kami telah melakukan akselerasi yang lebih baik lagi,” kata dia.

Sedangkan ihwal model yang membukukan penjualan tetinggi, Rudi menyebut, model sedan yang terdiri dari C-Class, E-Class, dan New Generation S-Class sebagai model terlaris. New E-Class yang merupakan high luxury sedan Mercedes misalnya, terjual 402 unit atau naik 106 persen dibanding priode yang sama tahun lalu yang sebesar 195 unit.

Sementara upper luxury sedan Mercedes, yaitu New Generation S-Class mencatatkan penjualan 100 unit. Penjualan itu meningkat hampir dua kali lipat dibanding penjualan Januari - Maret 2009 lalu.

Menurut Rudi, meningkatnya kinerja penjualan Mercedes itu tak terlepas dari keunggulan yang dimilikinya. "Teknologi Charged Gasoline Injection (CGI) yang mulai kami perkenalkan kepada konsumen Indonesia tenyata mendapatkan apresiasi yang tinggi,” ujarnya.

Dia menambahkan, teknologi CGI dihadirkan untuk menjawab tantangan industri otomotif dunia, termasuk Indonesia, terhadap isu lingkungan dan penghematan penggunaan bahan bakar fosil. Dengan teknologi CGI pula, model-model terbaru Mercedes-Benz dibekali mesin irit bahan bakar tetapi tetap memiliki performa tinggi.

"Majalah Autocar Indonesia juga telah mengakui keunggulan sedan-sedan Mercedes-Benz dengan memberikan Autocar Readers Award 2010 kepada C-Class, E-Class dan S-Class pada akhir pekan lalu," tandas Rudi Borgenheimer.

Namun, kata Rudi, faktor yang tak kalah penting dalam mendongkrak penjualan  itu adalah layanan purna jual yang diberikan kepada konsumen. Layanan itu mulai dari proses penjualan, perawatan dan perbaikan, hingga komunikasi timbal balik antara pihaknya dengan konsumen.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi