Stttt... Ini Dia Bocoran Mazda2 Sedan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 15 April 2010 00:11 WIB
Mazda2 Sedan (Istimewa)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Rencana PT Mazda Motor Indonesia (MMI) memperkenalkan Mazda2 versi sedan akhirnya terbongkar juga. Tempo mendapat bocoran mengenai model yang akan diperkenalkan MMI pada wartawan Kamis siang ini. Seperti apa bentuknya?

MMI memang mengundang wartawan untuk melakukan sesi test drive bagi media di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, siang nanti. Meski tak mau terbuka menyebut mobil apa yang akan di test, MMI hanya menyebut acaranya Secret Zoom-Zoom with The New Mazda.

Tapi dari bocoran foto Tempo dapatkan, MMI ternyata akan memperkenalkan Mazda2. Lantaran platform Mazda2 sedan ini sama persis dengan versi hatchback pada bagian interior sama sekali tidak ada perbedaan alias sama plek.

Beberapa perbedaan terlihat di bagian eksterior. Di bagian depan, misalnya terlihat pada bagian grill bawah yang lebih 'ngotak' dibandingkan hatchback yang seperti tersenyum lebar. Grill, headlamp, foglamp, tetap dipertahankan seperti model hatchback.

Yang paling manyolok tentu saja bagian pantatnya yang kini memiliki bagasi, tidak tak lagi tepos seperti model hatchback. Tambahan bagian buritan ini disebutkan bisa memuat bagasi sampai 450 liter. Mobil empat pintu ini menggunakan velg 15 inci alloy wheels.

Perbedaan lain di bagian belakang terlihat bagian lampu belakang atau rearlamp. Jika model hatchback meruncing dari samping kemudian menurun ke bawah sesuai dengan kontur pintu bagasi belakang. Sedangkan pada varian sedan, lampu meruncing dari sisi atas kemudian terbelah sebagian di pintu bagasi.

Sistem keamanan dilengkapi airbag di tiga titik; depan, samping dan pilar. Lainnya, Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), serta Electronic Brake-force Distribution (EBD).

Di dapur mesin, Mazda2 sedan sepertinya menggunakan mesin yang sama. MZR 1.5L inline, 4 sylinder, DOHC, 16 valve with S-VT (Sequential Valve Timing) dan ETC (Electronic Throttle Control).

Indikasi rencana Mazda Indonesia memboyong versi sedan ini sebenarnya sudah tercium sejak pembukaan Mazda2 Zoom-Zoom Lounge di Senayan City, bulan Februari lalu. Pada brosur Mazda2 ditambahi embel-embel HB (hatchback).

Saat ini, MMI memang baru memboyong Mazda2 model hatchback yang terdiri dari empat varian yaitu tipe S M/T, S A/T, R M/T dan R A/T. Sumber Tempo menyebutkan, Mazda akan melansir versi sedan ini sebelum gelaran Indonesia International Motor Show (IIM) 2010, bulan Juli mendatang.

Jadi seperti apa Mazda2 Sedan ini lengkapnya? Tunggu ulasan Tempo siang nanti.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi