Upss.Mazda Tarik 89.191 Unit Mazda 3  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 15 April 2010 17:20 WIB
autoevolution.com
TEMPO Interaktif, Jakarta - Penarikan produk kini telah menjadi kabar rutin dari kalangan pabrikan otomotif. Info paling gres menyebut, Mazda Motors menarik 89.191 unit Mazda 3 atau yang disebut Mazda Axela di Cina dan Jepang. Musababnya, oli mesin bocor.

Di Cina jumlah Mazda 3 yang ditarik mencapai 54.000 unit, sementara di Jepang 35.181 unit. “Perusahaan telah menerima keluhan, baik di Cina maupun di Jepang terkait dengan masalah bocornya minyak pelumas,. Namun tidak ada peristiwa kecelakaan yang dilaporkan terkait dengan masalah itu,” tutur juru bicara Mazda seperti dikutip autoevolution.com, Kamis (15/4).

Sumber di Mazda menyebut, koboran  itu terjadi karena selang oli dengan radiator letaknya berdekatan. Sehingga bila radiator panas dan terjadi sentuhan di antara keduanya, selang tersebut akan meleleh dan bocor. “Terutama bila saat mobil melintas di jalanan yang bergelombang, di mana getaran atau guncangan yang terjadi menyebabkan selang dan radiator bersentuhan,” terang dia.

Mazda mengatakan mobil yang ditarik adalah model yang diproduksi antara Januari 2006 hingga Maret 2009 . Mazda 3 tidak hanya populer di Jepang dan Cina saja, tetapi juga di Eropa dan Amerika Serikat.

Namun, hingga saat ini Mazda belum memutuskan apakah penarikan produk juga akan dilakukan di Eropa. “Tetapi, yang pasti, model yang ditarik itu tidak terdapat di Amerika Serikat,” imbuhnya.

Mazda 3 diproduksi dalam varian hatchback lima pintu dan sedan. Keduanya dibangun dengan basis platform kendaraan segmen C1 seperti Ford Focus, Volvo C30, serta Volvo S40. Di Eropa dua varian itu ditawarkan dalam dua tipe mesin, masing-masing tiga mesin bensin dan mesin disel.

Tenaga yang disemburkan mesin tersebut bervariasi, mulai dari 105 – 185 daya kuda. Sedangkan mesin yang dilengkapi turbocharger yaitu Mazda 3 versi sport mampu menghasillkan tenaga hingga 260 daya kuda.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi