VolkswagenSuzuki Akan Produksi Mobil Kecil di Thailand
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 19 April 2010 20:14 WIB
Chief Executive Officer Volkswagen AG Martin Winterkorn (kanan) berjabat tangan dengan Chairman and Chief Executive Officer Suzuki Motor Corp Osamu Suzuki. Reuters/Issei Kato
TEMPO Interaktif, Jakarta - Pabrikan otomotif Jerman, Volkswagen (VW) bersama Suzuki Motor disebut-sebut segera memproduksi mobil kecil ramah lingkungan berharga murah di Thailand. VW bersama sekondannya itu, juga telah mengajukan proposal untuk proses produksi itu kepada Board of Invesment (Badan Penanaman Modal) Negeri Gajah Putih tersebut.

“Volswagen telah mengajukan prosposal kepada pemerintah (Thailand),” sebut Bangkok Post seperti dikutip paultan.com, akhir pekan lalu. Belum ada kepastian kapan proyek itu akan dimulai namun diperkirakan akhir tahun depan.

Untuk proyek ini, VW telah menggelontorkan dana tak kurang dari 25 miliar bath atau sekitar Rp 7,1 triliun. Pada tahap pertama, pabrik yang dibangun itu akan memproduksi 100 ribu unit mobil saban tahunnya.

Memang, hingga saat ini belum ada informasi resmi tentang mobil kecil nan ramah lingkungan yang dimaksud oleh VW dan Suzuki tersebut. Namun, sumber di lembaga pemerintah Thailand itu menyebut, mobil kecil itu bakal bermesin 1.300 cc.

VW selain membangun pabrik juga akan menyiapkan penelitian dan pengembangan serta teknologi. Sedangkan Suzuki akan menyediakan fasilitas pengelasan, pengecatan, perakitan, serta produksi mesin.

Seperti diketahui, akhir tahun lalu VW telah membeli 19,9 persen saham Suzuki. Strategi tersebut dilakukan oleh pabrikan otomotif terbesar di kawasan Eropa itu untuk mewujudkan obsesinya menjadi pabrikan otomotif terbesar di dunia.

Di Asia, VW aktif melakukan ekspansi produksi di Cina, India, serta Thailand. Pabrikan ini juga mulai melirik mobil kecil yang kini tengah menjadi tren di wilayah tersebut, termasuk di pasar Asia Tenggara.

ARIF ARIANTO

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi