GM Cicil Hutang Rp 52,278 Triliun
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 21 April 2010 21:42 WIB
mlive.com

TEMPO Interaktif, Detroit -  General Motors melakukan pembayaran US$ 5,8 miliar untuk pinjaman mereka kepada pemerintah Amerika Serikat dan Kanada mulai Selasa (20/4) kemarin. Cicilan ini merupakan pembayaran pinjaman mereka pada kedua pemerintah itu tahun lalu.

Meski demikian pembayaran ini tidak mengubah proporsi kepemilikian. Pemerintah Amerika lewat US Treasury masih menguasai 60,8% saham di pabrikan tersebut, Kanada yang diwakili Export Development Canada memiliki 11,7%, UAW health care trust 17,5%, dan GM lama yang kini disebut Motors Luquidation memegang 10% sisanya.

Pelunasan General Motors ini dilakukan dua bulan lebih awal dari yang dijadwalkan. Rencananya CEO GM Ed Whitacre akan mengumumkan secara resmi saat mengunjungi pabrik di Fairfax, Kansas, Rabu (21/4) waktu setempat. Di saat yang sama Whitacre juga akan mengumumkan perluasan fasilitas pabrik di Kansas tersebut.

"Kemampuan kami membayar pinjaman ini kurang satu tahun dari menunjukkan rencana New GM berjalan dengan baik," kata Whitacre dalam kolomnya di laman Wall Street Journal sebagaimana dikutip Reuters.

Jumlah pembayaran ini US$ 4,7 miliar menjadi milik pemerintah Amerika dan sisanya US$ 1,1 miliar dibayarkan kepada pemerintah Kanada. "Langkah ini juga penting bagi kami secepat mungkin mengurangi pinjaman kami pada pemerintah kedua negara," tambah Whitacre.

GM hampir saja dinyatakan bangkrut pada Juli 2009 lalu jika saja tidak disuntik dana US$ 50 miliar. Mereka mengalami kerugian US$ 4.4 miliar pada saat krisis keuangan terjadi bulan Juli lalu, termasuk US$ 3,4 miliar pada kuartal keempat tahun 2009.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi