Gile..Tiga Minggu Diluncurkan Nissan Leaf Terjual 3.754 Unit  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 22 April 2010 21:22 WIB
AP Photo/Itsuo Inouye

TEMPO Interaktif, Yokohama - Pesona mobil listrik Nissan Leaf memang luar biasa. Betapa tidak, dalam tempo tiga minggu sejak diluncurkan 1 April lalu, mobil ini telah dipesan 3.754 unit. Padahal, Nissan Motor Co.Ltd, selaku produsen hanya mematok target penjualan 6.000 unit sepanjang tahun anggaran 2010 ini.

“Dengan demikian, pemesanan yang terjadi selama tiga pekan itu telah melebihi setengah dari target penjualan tahunan kami,” sebut siaran pers Nissan Motor yang dterima Tempo,Kamis (22/4).

Pabrikan itu menyebut, Nissan Leaf memang memiliki magnet daya tarik yang luar biasa sesuai dengan tren saat ini yaitu gaya hidup yang ramah lingkungan. “Tingkat emisi nol persen, harga terjangkau untuk sebuah mobil listrik model anyar, serta fitur penunjang berupa piranti teknologi informasi canggih merupakan daya tarik tersendiri bagi konsumen,”

Nissan Leaf merupakan salah satu buah dari aliansi pabrikan Nissan Motor dengan Renault. Model tersebut sekaligus menjadi wujud dari obsesi kedua pabrikan tersebut untuk menjadi pelopor pabrikan otomotif dengan emisi nol persen.

Nissan –Renault menyebut, saat ini pihaknya telah menandatangani program kemitraan untuk mewujudkan tingkat emisi nol persen dengan 50 lebih lembaga di seluruh dunia. Lembaga itu antara lain, pemerintah, pemerintah daerah, serta perusahaan swasta.

Rencananya, Nissan memperkenalkan Nissan Leaf di Jepang, Amerika Serikat, serta Eropa pada Desember 2010. Sedangkan pemasaran secara massal di pasar global dimulai pada 2012.

Sebelumnya, Carlos Ghosn, Kepala Eksekutif Nissan-Renault saat memberi keterangan perkenalan Nissan Leaf di ajang Geneva Motor Show 2010 yang digelar 3 - 14 Maret lalu mengatakan, Leaf akan menjadi pemain utama di pasar mobil listrik dunia.

"Kami yakin pada 2011 akan menjadi satu-satunya yang ada di pasar," papar Ghosn seperti dikutip Leftlinenews.com, Senin (10/3).

Lantas, Ghosn pun menyodorkan satu bukti. Di Amerika Serikat, mobil ini telah dipesan 56 ribu unit, meski belum resmi diluncurkan.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi