Waduh..Peringkat Kredit Toyota Melorot
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 22 April 2010 22:52 WIB
AP/Seth Wenig

TEMPO Interaktif, Tokyo:Lembaga pemeringkat kredit, Moody's Investor Service dan Fitch Rating, Kamis (22/4) menurunkan peringkat kredit Toyota Motor Corporation (TMC). Kedua lembaga itu menilai tingkat keuntungan TMC tergerus akibat penarikan 8 juta unit produknya beberapa waktu lalu.

Peringkat kredit pabrikan otomotif terbesar di dunia itu semula ada di level AA1, namun kini berada di AA2."Fitch memeriksa kelayakan kredit suatu perusahaan dan kemudian menurunkannya adalah suatu hal yang mungkin," ujar Pak Min Jeong, senior analis dalam sebuah wawancara seperti dikutip automotivenews.com, kamis (22/4).

seperti diketahui, saat ini Toyota tengah menghadapi sedikitnya 180 tuntutan dari konsumen dan para pemegang saham akibat dari bermasalahnya pedal gas sehingga berpotensi menimbulkan kerugian US$ 2 juta atau sekitar Rp 18,2 miliar dari hilangnya potensi penjualan dan perbaikan mobil konsumen.

Pada sisi lain, TMC juga menarik varian Sport Utility Vehicle mewahnya, Lexus GX 460 serta membayar denda yang ditetapkan oleh pihak berwenang Amerika Serikat sebesar US$ 16,4 juta atau sekitar Rp 149 miliar. Serangkian kewajiban tersebut juga dikhawatirkan bisa menggerus keuntungan Toyota.

Secara terpisah, Moody's Investor Service juga menurunkan peringkat kredit Denso Corp dari AA2 menjadi AA3. Denso yang merupakan produsen barang-barang elektronik serta suku cadang kendaraan bermotor itu, 22,54 persen sahamnya dimiliki oleh Toyota.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi