Jok Bermasalah, Ford Tarik 33.256 Unit Mobil  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 25 April 2010 13:49 WIB
Dok: motortrend.com

TEMPO Interaktif, Detroit:Penarikan produk kembali terjadi di Amerika Serikat. Kali ini dilakukan pabrikan anak negeri, Ford Motor Company. Seperti dikutip autoevolution.com, Minggu (25/4), pabrikan ini pada Sabtu (24/4) lalu mengumumkan akan menarik 33.256 unit produknya.

Sumber di Ford mengatakan, penarikan itu dilakukan karena recliners manual pada jok depan bermasalah. Penahan di recliner tidak bisa menahan posisi kursi di saat kurtsi itu dimajukan, sehingga di saat mobil melaju kursi mundur dengan tiba-tiba. Hal itu berpoitensi membahayakan penumpang.

"Gigi pada gir tidak memenuhi spesifikasi yang ditetapkan. Dan ini tidak memenuhi standar keamanan kendaraan yang ditetapkan Federal Motor 202," tutur sumber di pabrikan itu.

Model yang ditarik meliputi Ford Fusion, Ford Explorer Sport Track, Mercury Milan, serta Mercury Mountaineer. Kesemuanya merupakan model yang diproduksi antara 15 Desember 2009 hingga 3 Februari 2010.

Penarikan akan dilakukan mulai 30 April mendatang. Ford meminta para pemilik untuk datang ke dealer guna mendapatkan penggantian recliner manual. Penggantian dan perbaikan tersebut akan diberikan secara cuma-cuma.

Khusus model Ford Fusion dan Mercury Milan penarikan tersebut merupakan kali kedua dalam tiga bulan terakhir. Pada Februari lalu, Ford telah menarik versi hibrida dari keduanya karena ada ketidakberesan pada sistem pengereman.

Jumlah model yang ditarik saat itu mencapai 18 ribu unit, kesemuanya model yang diproduksi sebelum 17 Oktober 2009. Ford mengatakan cacat tidak mempengaruhi kemampuan pengereman dan kendaraan masih bisa datang ke berhenti. Terbukti, mobil bisa berhenti dengan posisi seperti yang diinginkan di saat dilakukan pengereman.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi