Mercedes Pasarkan E-Class Generasi Anyar Awal Juni
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 25 April 2010 17:20 WIB
Mercedes E Class. DOK: Mercedes Benz

TEMPO Interaktif, Beijing:Setelah tiga bulan pertama di 2010 ini membukukan penjualan terbesar di kelas premium di pasar Cina, Mercedes Benz membuat gebrakan anyar. Pabrikan asal Stuttgart, Jerman itu meluncurkan generasi anyar dari klan E-Class, yaitu E-Class L sumbu roda panjang di hajatan Beijing Auto Show 2010, Minggu (25/4).

Rencananya, mobil yang dirakit di pabrik perakitan Beijing Benz Automobile Corporation itu mulai dipasarkan pada awal Juni mendatang. Pabrikan itu menyebut, E-Class L itu diproduksi khusus untuk memenuhi permintaan pasar Negeri Tirai Bambu.

"E-Class model sumbu roda panjang itu merupakan salah satu contoh strategi untuk memperluas portofolio regional kami. Selain itu, ini juga wujud komitmen jangka panjang kami ke pasar Cina. Tahun pertama di tahun ini, kami ingin menjual 100 ribu unit kendaraan tersebut," papar Dieter Zetsche, Chief Executive Officer Daimler seperti dikutip autoevolution.com, Minggu (25/4).

Ia juga mengaku optimistis, generasi paling anyar di jajaran E-Class tersebut akan membukukan penjualan yang signifikan. Bila Zetsche membuat pernyataan seperti itu bisa dimaklumi. Pasalnya, sepanjang tiga Januari - Maret lalu penjualan keluarga E-Class di Cina mencapai 6.400 unit.

"Karena itulah, kami semakin percaya bahwa peluncuran E-Class L sumbu roda panjang akan semakin mendongkrak angka penjualan," ujar Joachim S Schmidt, Vice President Sales & Marketing Mercedes Benz.

Seperti diketahui, dalam kurun waktu tiga bulan pertama 2010 penjualan Mercedes di Cina tercatat 24.100 unit atau naik 105 persen dibanding periode sama tahun lalu. Peningkatan itu sekaligus menjadikan Mercedes-Benz sebagai merek premium dengan pertumbuhan penjualan tertinggi di Cina.

Selain E-Class, model lain yang laris manis di negara itu adalah C-Class yang sebesar 5.400 unit, serta model sport utility vehicle Mercedes Benz yang terjual 5.300 unit.

Sumber di Mercedes Cina mengatakan, E-Class L itu memiliki sumbu roda 3,014 meter (m) dan total panjang mobil 5 m. Dibanding generasi pendahulunya, model anyar itu memiliki jarak antara kaki dengan jok di depannya lebih panjang 14 centimeter.

"Sehingga penumpang di belakang akan merasa lebih lega," kata sumber itu.

Keunggulan lainnya adalah, posisi kursi depan yang bisa disetel secara elektris. Hanya, hingga kini Mercedes belum memberikan informasi ihwal banderol harga. Termasuk apakah ada kemungkinan model anyar itu dipasarkan di luar Cina.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi