BMW Salip Toyota di Top Brand Dunia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 28 April 2010 23:38 WIB
Logo BMW (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Berlin - BWM berhasil menyalip Toyota dalam ranking BrandZ Top 100 berdasarkan survey yang dilakukan lembaga riset Millward Brown. BMW mengambil alih sebagai pabrikan paling berpengaruh setelah Toyota belakang kerap dihamtam berbagai isu recall.

"Nama Toyota beberapa bulan terakhir turun gara-gara masalah recall. Namun Toyota adalah brand yang kuat yang akan sanggup bangkit. Hanya brand dengan citra kuat yang akan sanggup bangkit dengan krisis seperti itu," kata Peter Walshe, Global Brand Director, kepada Automotive News, Rabu (28/4).

Menurut penelitian tersebut, nilai brand BMW turun 9% dibandingkan ranking tahun 2009 menjadi US$ 21,8 miliar. Sedangkan Toyota turun 27% menjadi hanya US$ 21,8 miliar.

Peningkatan dialami Ford dan Volkswagen. Dalam kasus Ford, kenaikan nilai merek mereka dibantu investasi perusahaan dalam inovasi teknologi tinggi seperti Sync voice yang mengaktifkan sistem kontrol elektronik dan teknologi baru dalam kontrol emisi. Nilai brand Ford naik 19 persen menjadi US$ 7 miliar.

Volkswagen meningkatkan nilai merek mereka 20% menjadi US$ 7 miliar, sedangkan Audi naik 2% menjadi US$ 3,6 milyar. "Keduanya dipandang sebagai produsen mobil yang mewakili gaya, distribusi global, teknologi Jerman dan harga lebih rendah daripada merek premium seperti BMW dan Mercedes-Benz," tulis Millward Brown.

Mercedes-Benz, mengalami penurunan nilai brand sebesar 11% menjadi US$ 13,7 miliar, Porsche juga turun 31% menjadi US$ 12 milyar. Peringkat Top 100 dipimpin oleh Google, dengan nilai brand US$ 114 miliar diikuti oleh IBM US$ 86 miliar dan Apple US$ 83 miliar.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi