Waduh.., Toyota Tarik Lagi Produknya  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 29 April 2010 13:08 WIB
toyota.com
TEMPO Interaktif, California - Setelah beberapa waktu lalu mengumumkan menarik kembali Lexus GX 460 karena piranti electronic stability control bermasalah, Rabu (28/4), Toyota Motor Corporation (TMC) kembali mengumumkan penarikan satu Sport Utility Vehicle (SUV) produknya. Kali ini, 50 ribu unit SUV Sequoia ditarik karena sistem kontrol kemudi yang terlalu agresif.

Siaran pers TMC seperti dikutip automotivenews.com menyebutkan pabrikan itu telah melaporkan kepada Badan Nasional Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA) ihwal penarikan SUV tersebut.

“Setengah dari total jumlah kendaraan, kontrol unitnya harus diperbaiki setelah bulletin layanan teknik dikirim ke dealer,” tutur John Hanson, juru bicara Toyota.

NHTSA telah menginvestigasi ketidakberesan sistem kontrol itu sejak 2008. SUV itu diproduksi di pabrik perakitan Toyota di Princeton inc. Pabrik itu juga memproduksi minivan Sienna dan SUV Highlander.

Kendaraan itu diproduksi di pabrik Toyota di Princeton, Ind , yang juga merakit minivan Sienna dan SUV Highlander.

"Toyota telah bekerja sama dengan NHTSA dalam menyikapi permintaan penarikan kembali Sequoia 2003 itu,” tandas Juru Bicara NHTSA.

Ia menambahkan, lembaga itu telah menyelidiki 163 insiden keamanan terkait dengan kegalan fungsi sistem kontrol stabilitas elektronik itu.

Seperti diketahui, 19 April lalu, TMC menarik SUV mewah Lexus 460. Penarikan itu dilakukan setelah majalah Consumer Reports menyatakan SUV itu tidak aman karena rawan terguling. Majalah yang terbit di New York, Amerika Serikat, itu juga mengeluarkan rekomendasi agar konsumen tak membelinya.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi