Ford Start Menangkan Best Concept AutoWeek
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 30 April 2010 01:43 WIB
J Mays, Vice Presiden group, design, and chief creative officer Ford Motor Co. saat memperkenalkan Start Concept di Beijing Auto Ahow di Beijing, 23 April 2010. (AP Photo/Gemunu Amarasinghe)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Tampil dengan warna merah, mobil konsep Ford Start terpilih sebagai yang terbaik dari 65 kendaraan konsep lain dalam penghargaan Best Concept dari majalah AutoWeek pada Beijing Auto Show 2010.

Mungil dan ramah lingkungan, Ford Start mendapat pujian karena rancangan kinetiknya yang menawan. Bukan sekadar eksplorasi desain atas kelayakan mobil kecil masa depan, Ford Start juga menampilkan mesin terkecil dalam keluarga mesin Ford EcoBoost.

Ford mengonfirmasikan bahwa mesin EcoBoost I3 turbocharged 1.0 liter tiag silinder yang menjadi dapur pacu Start akan segera diproduksi, dan akan digunakan pada mobil-mobil kecil masa depan keluaran Ford, yang diperkirakan akan memberikan tenaga setara dengan mesin bensin I4 yang lebih besar.

Sedangkan tingkat emisi gas CO2 yang dihasilkan dibawah 100 gram per kilogram. Tenaga tersebut dipacu dengan sistem transmisi manual enam tingkat percepatan untuk menekan konsumsi bahan bakar.

Sambil menggambarkan Ford Start sebagai “jenis mobil konsep yang dapat kita terima sepenuh hati”, majalah AutoWeek sepakat memberikan acungan jempol kepada mobil konsep ini.

“Untuk mobil kecil seperti ini, desainnya luar biasa, ditambah dengan penggunaan teknologi Ford EcoBoost dengan mesin I3 yang canggih,” ujar Roger Hart, editor eksekutif AutoWeek dalam rilis yang diterima Tempo.

Memang, mobil mini itu di desain untuk mengikuti tren global, dimana orang menyukai mobil ukuran ultra kompak. Lantaran itulah, fitur yang disematkan di mobil itu juga mencerminkan gaya hidup perkotaan.

“Dengan Ford Start Concept, kami tidak berusaha merancang sejenis konsep utilitarian untuk menyelamatkan dunia, atau pun tertarik dalam mengikuti tren menuju panduan rancangan yang terlalu berlebihan,” ujar J Mays, Group Vice President Design sekaligus Chief Creative Officer, Ford Motor Company.

Lampu LED dengan laser cut misalnya, atau teknologi MyFord Mobile yaitu sebuah panel kontrol layar sentuh untuk mengaktifkan piranti pendigin ruangan dan sistem navigasi. Mobil konsep ini didesain oleh Ford’s Strategic Concepts Group Studios, yaitu pusat desain Ford yang berkantor di Irvine, California.

RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi