Volkswagen Resmi Hentikan Produksi New Beetle
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 3 Mei 2010 20:25 WIB
autoevolution.com
TEMPO Interaktif, Jakarta - Pabrikan otomotif asal Jerman Volkswagen AG, Senin (3/5) mengumumkan resmi menghentikan produksi Volkswagen New Beetle. Penghentian model yang mulai diproduksi 1998 itu, terkait dengan rencana peluncuran generasi anyar di keluarga mobil yang di Indonesia memiliki nama beken VW Kodok itu.

Sementara, seperti dikutip autoevolution, Senin (3/5), pabrikan terbesar di Eropa itu mengatakan, sebaiknya konsumen segera memesan VW  New Beetle baik versi hatchback maupun cabriolet sebelum generasi pamungkas Beetle itu habis terjual.

“Konsumen masih bisa membeli New Beetle di daeler selama persediaan mobil itu masih ada,” tutur Juru Bicara VW Group Australia seperti dikutip goauto.com, akhir pekan lalu.

Sebelumnya, seperti dikutip worldcarfans.com, sumber di pabrikan asal Jerman tersebut mengatakan, generasi penerus Beetle itu nantinya dibekali mesin bensin dan mesin disel 2.000 cc .

Tipe mesin bensin diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 213 daya kuda.  “Mesin itu lebih bertenga ketimbang model (dengan 2.000 cc) yang selama ini dipasarkan,” aku sumber itu.

Selain mesin 2.000 cc, VW juga berencana memproduksi model dengan mesin yang lebih kecil yaitu 1.400 cc dengan tenaga 162 daya kuda dan mesin 1.200 cc dengan semburan tenaga 106 daya kuda.

Tipe kedua adalah, mesin disel 2.000 cc. Mesin ini disebut mampu menghasilkan tenaga hingga 140 daya kuda. Seperti halnya  di mesin bensin, di tipe mesin ini nantinya juga akan diproduksai mesin dengan kapasitas lebih kecil, yaitu 1.600 cc dengan tenaga 106 daya kuda.  

Bahkan untuk pasar Amerika Serikat VW menyiapkan tipe 2.500 cc  lima silinder serta versi hybrid 1.400 cc. Platform Beetle ini disebut-sebut sama dengan sedan VW Jetta yang diluncurkan pertengahan tahun ini.

Satu keunggulan generasi baru New Beetle yang sempat disebut sumber VW  ialah ruang kabinnya yang lebih lebar dibanding ruangan milik generasi sebelumnya. Begitu pun dengan jarak sumber roda yang lebih panjang. Hanya, untuk dimensi itu VW tak menyebut rincian ukurannya.

Kelebihan lainnya, sistem suspensi VW baru itu menggunakan MacPherson Strut untuk depan dan torsion beam dengan multi-link di  bagian belakang. 

Kini, setelah woro-woro penghentian New Beetle dimaklumkan, VW  berbenah untuk menyiapkan peluncuran generasi anyar. Pabrikan itu mengatakan, model  konsep generasi paling gres dari Beetle itu akan diboyong ke gelaran Los Angeles Auto Show 2010 pada November mendatang untuk diperkenalkan.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi