Upss... GM Tarik 40.000 Corvette Karena Masalah Setir
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 4 Mei 2010 18:43 WIB
Chevrolet Corvette 2005 (www.netcarshow.com)
TEMPO Interaktif, Detroit - Meskipun dicintai penggemar otomotif dan dikenal sebagai raja jalanan, Chevrolet Corvette ternyata tak lepas dari masalah. General Motors menarik kembali 40.028 uni Chevrolet Corvette model Maret 2004 dan Januari 2006, karena masalah kolom kemudi.

Disebutkan model di dua tahun produksi tersebut sudah dilengkapi dengan fitur tilting and telescoping steering. Namun penggunaan keduanya bisa menyebabkan terjadinya arus listrik yang mempengaruhi sensor Electronic Stability Control (ESC). Alhasil komputer akan membaca setir tengah dibelokkan meski dalam kenyataannya kendaraan tengah dikemudikan lurus,

Akibatnya, ESC akan membuat rem bekerja secara otomatis dan menarik kendaraan ke kiri atau ke kanan. ESC adalah sistem yang secara otomatis mengendalikan daya mesin kendaraan dan rem untuk membantu pengemudi mempertahankan kontrol dalam situasi darurat.

Laman autoevolution.com mengutip National Highway Traffic Safety Administration disebutkan gerakan kolom kemudi dapat menyebabkan gangguan sinyal di dalam kolom. Hal ini kemudian memicu "Service Active Handling System" atau istilah GM untuk ESC system.

General Motors dalam keterangannya mengatakan akan memperbaiki semua kendaraan yang terindikasi gratis.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi