Polo Tipe R, Polo Paling Dahsyat
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 4 Mei 2010 19:09 WIB
Dok: World Car Fans
TEMPO Interaktif, Berlin - Divisi Volkswagen, R GmbH, berencana untuk mengembangkan salah satu produknya Polo. Setelah Scirocco R dan Golf R, yang sudah dijual di pasar Eropa, R GmbH, akan membangun versi balap untuk Polo. Rencananya model ini akan dilansir padfa tahun 2012.

Laman autoevolution.com menyebutkan R GmbH yang menjadi salah satu divisi Volkswagen sama seperti AMG atau M pada Mercedes-Benz dan BMW. Mereka bertugas mebangun model-model Volkswagen menjadi lebih garang dan sporty.

Saat ini, model Polo paling bertenaga adalah Polo GTI, yang diperkuat mesin 1.4 liter twincharger yang menghasilkan tenaga 180 horsepower. Sebagai perbandingan, Polo R ini akan menembus tenaga 200 horsepower. Kemungkinanya, model ini akan menggunakan mesin turbocharged 1.6 liter yang menghasilkan tenaga sekitar 210 horsepower. Mobil ini menggunakan sistem front-wheel drive, sejak platform Polo PQ25 tak lagi menggunakan all-wheel drive.

Sebelum resmi memperkenalkan model R, Polo GTI tetap akan menjadi andalan Volkswagen. Dari dimensi model ini lebih besar dari sepupunya, Golf GTI.

Polo GTI menggunakan seven-speed DSG transmission dan XDS electronic differential di suspensi depan. Suspensi ini lebih pendek 15 milimeter dibandingkan Polo versi standar namun lebih kuat dan sporti berkar springs dan damper baru.

Polo dibanderol sekitar 20,000 euro atau sekitar Rp 236,3 juta saat dilepas Agustus. Harga ini adalah untuk tipe tiga pintu. Selain itu juga terdapat tipe lima pintu.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi