Oto Multiartha Terbitkan Obligasi Rp 1 Triliun
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 5 Mei 2010 00:29 WIB
Dok. Oto Multiartha
TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Oto Multiartha, pPerusahaan pembiayaan mobil, berencana menerbitkan obligasi Oto Multiartha VII tahun 2010 dengan target Rp 1 triliun. Dana hasil penerbitan obligasi tersebut akan digunakan untuk modal kerja pembiayaan kendaraan bermotor roda empat tahun 2010 ini.

Dalam keterangan persnya disebutkan, obligasi PT Oto Multiartha VII dengan tingkat bunga tetap ini rencananya terdiri dari empat seri, yakni seri A berjangka 370 hari, seri B untuk 24 bulan, seri C untuk 36 bulan, dan seri D untuk 48 bulan dengan bunga antara 8,5% - 10,62%.

Rencananya, obligasi ini akan ditawarkan ke sejumlah investor institusi seperti perbankan, asuransi dan dana pensiun. “Kami yakin baik secara market atau industri, obligasi ini akan terserap pasar,” kata Hari Mantoro dari PT HSBC Securities Indonesia sebagai salah satu penjamin emisi selain PT DBS Vickers Securities Indonesia dan PT Standard Chartered Securities Indonesia.

Menurut Direktur Oto Multiartha Edy Suyitno, seluruh dana yang diperoleh dari emisi obligasi ini akan digunakan perseroan untuk modal kerja kendaraan bermotor yang ditargetkan sebesar Rp 10,5 triliun untuk membiayai sebanyak 110.000 unit mobil. "Selain dari obligasi dana untuk pembiayaan kredit akan diperoleh juga dari pinjaman perbankan," katanya dalam keterangan pers yang diterima Tempo.

Diperkirakan obligasi ini akan memperoleh pernyataan efektif dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) pada 27 Mei 2010. Masa penawaran awal (bookbuilding) akan dilangsungkan pada 4-18 Mei, masa penawaran dijadwalkan 1-3 Juni 2010, dan diharapkan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 9 Juni 2010.

Pada Desember 2009 lalu, perusahaan yang telah memiliki 47 jaringan pemasaran di seluruh Indonesia ini, berhasil menyalurkan pembiayaan senilai Rp 7.995 triliun atau naik hampir sebesar 10 persen penjualannya dibanding dengan tahun sebelumnya. Angka ini membuat sepanjang 2009 Oto Multiartha berhasil membukukan laba bersih Rp 464 miliar atau naik 15 persen dari tahun sebelumnya.

RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi