Uji Super Tenere Anyar Yamaha Gelar Turing Eropa - Afrika
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 5 Mei 2010 12:07 WIB
autoevolution.com
TEMPO Interaktif,Paris:Yamaha Motor mengajak tujuh orang pencinta motor untuk membuktikan ketangguhan generasi paling anyar dari Yamaha XT1200 Z Super Tenere dengan melakukan turing ke sejumlah negara di Eropa dan Afrika. Perjalanan yang menempuh jarak ribuan kilometer tersebut, dimulai dari Paris ke Lisbon ( Portugal ) dan selanjutnya Maroko (Afrika Utara).

Ketujuh penunggang motor Yamaha yang terpilih – dari 1.000 orang pendaftar – itu adalah Davide Biga, Javier Lavernia, Yiannis Fanourakis, Tijn den Hartog, Wolfram Fees, Alain Antal, serta Jonathan Geoffrey.

"Saya tak percaya akan pernah memenangkan apapun sebelumnya. Pertama kali saya melihat nama saya di internet, saya sangat bahagia dan langsung memberitakan ke kerabat dekat," kata Jonathan Geoffrey salah seorang peserta seperti dikutip autoevolution, Rabu (5/5).

Sebelumnya, seperti dikutip motorcycle.com, sumber Yamaha Eropa mengatakan, Super Tenere generasi terbaru itu menggunakan mesin 1199 cc empat tak, DOHC, dua silinder, 4-valve, injeksi langsung dan twin spark. Yamaha mengklaim, mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga hinga 108,5 daya kuda pada 7250 rpm dan torsi maksimum 114,1 Newtonmeter pada 6000 rpm.

Sementara untuk menjamin keamanan berkendara, Yamaha membekali Super Tenere generasi anyar itu Antilocking Braking System (ABS) dengan Unified Braking System yang menghubungkan rem depan dan belakang.

"Kombinasi sistem pengereman ini membantu mendistribusikan kontrol dan kenyamanan saat melakukan pengereman, dengan demikian saat dilakukan pengereman tidak akan terjadi slip meski dilakukan dengan tiba-tiba dan motor melesat dalam kecepatan tinggi,"

Yamaha juga melengkapi motor ini dengan traction control dan super smart braking system. Sistem kontrol traksi tersebut merupakan paduan antara piranti throttle control sistem YCC-T fly-by-wire dengan teknologi kontrol traksi yang memiliki tiga tingkatan.

Mungkinkah motor yang diperuntukkan bagi yang gema bertualang itu dipasarkan di Indonesia ? “Sejauh ini kami belum memikirkan untuk memasarkan motor itu di Indonesia . Terlebih, karakter maupun profil motor tersebut belum tentu cocok untuk orang Indonesia .,” tutur sumber di Yamaha Kencana Motor Indonesia saat dihubungi Tempo.

Super Tenere baru itu juga disebut-sebut bakal menjadi pesaing BMW R1200GS dan Ducati Multistrada 1200. Namun sayang, Yamaha Inggris tidak menyebut banderol harga motor tersebut.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi