EdanBuggati Lawas Laku Rp 274 Miliar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 7 Mei 2010 14:52 WIB
worldcarfans.com
TEMPO Interaktif, Monaco - Sebuah Buggati lawas yang diproduksi 1936 laku US$ 30 juta atau sekitar Rp 274,5 miliar dalam sebuah lelang di rumah lelang Gooding & Company, Monaco.

Harga Buggati 57SC Atlantic itu sekaligus menumbangkan rekor harga lelang yang sebelumnya dibukukan Ferrari 250 Testa Rossa keluaran 1957 dengan harga jual US$ 12,2 juta atau sekitar Rp 111,6 miliar pada 2009.

Seperti diwartakan worldcarfans.com, Jumat (7/5), Bugatti Atlantic itu merupakan salah satu dari dua Bugatti 57SC yang masih utuh dengan komponen masih asli.

Bugatti tipe itu hanya diproduksi empat unit. Dua unit masing-masing dimiliki Peter D. Williamson, warga New Hampshire yang meninggal 2008 lalu dan perancang mode Ralph Lauren.

Atlantic 57SC itu dikembangkan dengan basis Aerolithe Electron Coupe yang sebelumnya dipamerkan di Paris Auto Salon 1935. Dari prototype itulah Bugatti mengembangkan tiga model Atlantic yang memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan lainnya.

"Saya sangat gembira karena bisa mendapatkan pembeli Bugatti langka dan salah satu yang paling bernilai sebagai koleksi pribadi," tutur David Gooding, Pendiri dan Presiden Gooding & Company, seperti dikutip autoevolution.com

Hanya, rumah lelang itu tak menyebut jatidiri pembeli Bugatti lawas tersebut.

Sementara itu, Leslie Kendall, kurator di Petersen Automotive Museum di Los Angeles, mengatakan salah satu keistimewaan Bugatti Atlantic itu adalah inovasi teknologi yang dinilai -- kala itu -- jauh melampui zamannya. Body misalnya, lebih rendah dari rata-rata mobil yang ada saat itu.

Menariknya lagi, body yang terbuat dari alumunium itu langsung dirancang sendiri oleh putera pendiri Bugatti. "Mobil ini memiliki segalanya untuk ukuran waktu itu," kata Leslie Kendall.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi