Fiat Ecology, Generasi Anyar Uno yang Ramah Lingkungan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 7 Mei 2010 23:16 WIB
Fiat Uno Ecology. DoK: Fiat

TEMPO Interaktif, Rio de Janeiro:Pabrikan otomotif asal Italia, Fiat, meluncurkan konsep Fiat Uno Ecology yaitu generasi anyar dari Fiat Uno yang ramah lingkungan. Sebelumnya, konsep itu diperkenalkan di Brazil pada April lalu.

Siaran pers Fiat seperti dilansir autoevolution.com, Jumat (7/5) menyebut, mobil ini dibekali serangkaian teknologi yang ramah lingkungan. Mesin misalnya, merupakan modifikasi dari mesin standar Fiat Uno 1.000 cc berbahan bakar bio ethanol.

Bahkan, di bagian atap mobil dipasang sel panel surya yang berfungsi untuk menyerap sinar matahari guna diubah menjadi energi listrik. Tenaga itu digunakan untuk mengaktifkan berbagai fitur yang ada di kabin, khususnya perangkat hiburan.

Sementara untuk menghemat penggunaan bahan bakar, Fiat melengkapi mobil itu dengan fitur start-stop. Mesin akan mati secara otomotis bila mobil dalam posisi berhenti dan sebaliknya.

Sedangkan untuk bagian bodi dan beberapa bagian, Fiat menggunakan bahan yang terbarukan seperti serat batang pohon kelapa dan plastik dan duar ulang. Mobil ini memiliki panjang 1,643 meter (m), lebar 1,49 m, serta tinggi 1,49 m.

Sejatinya, Uno anyar itu ditawarkan dalam dua tipe mesin, yaitu 1.000 cc dan 1.400 cc. Mesin 1.000 cc menyemburkan tenaga 73 daya kuda bila menggunakan bahan bakar bio ethanol dan 75 daya kuda bila menggunakan bensin.

Adapun mesin 1.400 cc, bila menggunakan bio ethanol mampu menghasilkan tenaga 88 daya kuda, dan 85 daya kuda bila mengkonsumsi bensin. Kedua tipe tersebut bakal dilengkapi sistem transmisi manual dengan lima tingkat percepatan dengan sistem penggerak roda depan.

Di Brazil versi konvensional Fiat Uno itu mulai dipasarkan bulan ini. Sedangkan untuk negara lain di wilayah Amerika Selatan lainnya, dipasarkan mulai semester kedua tahun ini.

Namun sayang, Fiat belum memberikan keterangan ihwal banderol harganya.

ARIF ARIANTO 

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi