Michelin Bikin Ban Khusus Ferrari 599 GTO
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 11 Mei 2010 23:41 WIB
Ferrari 599 GTO (www.autoevolution.com)

TEMPO Interaktif, Roma -  Edisi terbatas Ferrari 599 GTO (Gran Turismo Omologato) akan dilengkapi dengan ban supr sport khusus keluaran Michelin. Demikian diumumkan pabrikan tersebut Selasa (11/5). Artinya, Michelin hanya akan memproduksi 2,396 ban untuk 599 unit mobil keluaran pabrikan asal Italia itu.

Michelin mengembangkan ban khusus ini bekerja sama dengan Ferrari sejak 18 bulan lalu. "Tujuannya adalah agar Ferrari 599 GTO mencapai potensi maksimal dengan memberikan handling ban yang optimal dan keselamatan kelas dunia," tulis perusahaan tersebut dalam autoevolution.com.

Ban ini nantinya berukuran 285/30 ZR 20 untuk bagian depan dan 315/35 ZR 20 untuk belakang. Berat ban depan hanya 10 kg sedangkan ban belakang 15 kilogram. Ini berarti bobot total kendaraan berkurang sekitar 10 kilogram jika dibandingkan dengan ban sejenis yang berukuran sama.

Tapak ban didesain khusus untuk menghadapi tiga model jalan; pertama ban ini akan mampu menahan tekanan yang ekstrim saat mengemudi sirkuit. Kedua ban ini juga sanggup untuk memberikan cengkraman yang kuat saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi. Sedangkan yang ketiga ban ini dirancang tetap lembut.

Michelin menyebutkan ban ini memberikan dua keuntungan; selain mengurangi berat badan yang akan membantu pengendalian mobil, ban ini juga akan membantu mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi karbon.

Ban Michelin yang dirancang untuk Ferrari 599 GTO ini memiliki rolling resistance hingga 20 persen lebih baik dibandingkan ban yang serupa sehingga bisa melakukan pengurangan emisi CO2 hingga 7 gram/km.

RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi