Bus Berbahan Bakar Minyak Ganggang Diproduksi 2011
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 12 Mei 2010 14:23 WIB
greenlaunches.com
TEMPO Interaktif, San Fransisco - Sebuah perusahaan pembuat kendaraan angkut di San Francisco, Amerika Serikat, Bauer Worldwide Transportation (BWT), Selasa (11/5) meluncurkan bus dengan bahan bakar minyak dari ganggang (algae).

Lon Baylor, yang dipercaya sebagai pemimpin tim untuk penemuan bahan bakar dari ganggang itu, seperti dikutip greenlaunches, Rabu (12/5) mengatakan, bus itu diharapkan bisa diproduksi massal dan dioperasikan 2011 mendatang.

Dia menambahkan, salah satu keunggulan minyak ganggang itu adalah, mampu membersihkan mesin yang menggunakan converter catalityc sehingga gas buang sisa hasil pembakaran lebih bersih. Selain itu, tentu saja mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar dari fosil.

Sementara itu, dalam siaran persnya, BWT mengatakan , pada pengoperasian bus tersebut pihaknya akan menggunakan 100 persen bahan bakar dari ganggang. Saat ini bahan bakar yang digunakan 80 persen dari bahan bakar biodisel ganggang dan 20 persen biodiesel konvensional.

Namun, biodisel ganggan itu bukanlah satu-satunya sumber tenaga bagi bus yang dioperasikan BWT. Untuk mengoperasikan beberapa piranti penunjang kenyamanan, seperti pendingin udara ruangan (AC) perusahaan itu menempatkan 12 panel surya di atap bus.

Ganggang atau Alga sudah dilirik sebagai bahan bakar diesel sejak lama. NASA Glenn Research Center di Cleveland misalnya telah meneliti kemungkinan minyak ganggang itu digunakan sebagai bahan bakar jet militer. Dalam penelitian ini,ilmuwan Mark McDowell dipercaya memimpin penelitian tersebut.

Seperti dilansir biodieselnow.com, para ilmuwan telah membuktikan mikroalga mampu menyerap sinar matahari, air dan karbon dioksida untuk menghasilkan oksigen dan biofuel melalui fotosintesis.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi