Luxgen Kini Gunakan Mesin Generasi Baru
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 13 Mei 2010 22:43 WIB
Luxgen MPV (http://auto.msn.com.cn)

TEMPO Interaktif, Taipei:Pabrikan otomotif asal Taiwan, Yulon, bersama Le Moteur Moderne asal Perancis, berhasil mengembangkan mesin 2.200 cc berteknologi Multi-Elektronik-Fuel-Injection (MEFI) Turbo untuk model Multi Purpose Vehicle (MPV)  besutanya, Luxgen.

Mesin baru itu diklaim mampu menyemburkan tenaga 175 daya kuda pada 6.000 rpm dan torsi 275 Newton meter pada 2.500 - 4.000 rpm. Bahkan, pabrikan itu mengklaim tenaga dan torsi mesin anyar itu setara dengan torsi mesin 3.000 cc.

Berat mesin  baru itu, juga lebih ringan 13 persen dibanding berat mesin 3.000 cc, yaitu hanya 135 kilogram. Pasalnya, Yulon menggunakan bahan dari alumunium. "Saya benar-benar tak terkejut ketika pertama kali membaca proyek mesin 2.200 cc MEFI Turbo itu," aku Hidaka Yoshiaki, Konsultan Desain Mesin Luxgen seperti dikutip autoevolution.com, Kamis (13/5).

Pasalnya, lanjut Hidaka, untuk mencapai kinerja mesin seperti itu tak hanya membutuhkan kecermatan ekstra tetapi juga membutuhkan proses rekayasa yang rumit. Mesin anyar bagi Luxgen itu selain menghasilkan tenaga yang besar, juga irit bahan bakar dan rendah emisi.

Bahkan, Yulon mengklaim, tingkat emisi mesin tersebut telah memenuhi standar Euro 4. "Berkat dukungan penuh dari para ahli terkemuka di bidang otomoti, maka kualitas mesin 2.200 cc Turbo Luxgen MEFI tak diragukan lagi (kualitasnya)," kata Olivier Soustelle, Konsultan Modifikasi Mesin di proyek tersebut.

Luxgen merupakan MPV enam tempat duduk yang dibekali mesin bensin 2.200 cc. Mobil yang bertenaga 130 kW dan torsi 275 Newtonmeter itu dilengkapi sistem transmisi otomatis lima tingkat percepatan. Konsep Luxgen yang lahir sejak 2008 lalu, telah dipamerkan di hajatan Dubai Auto Show 2009 pada 16 -  20 Desember 2009 lalu.

"Selama ini Taiwan diakui dunia dalam hal teknologi Informasi, dan kini kami ingin menunjukkan kekuatan baru bangsa Taiwan ke dunia internasional melalui sebuah merek mobil," tutur K.C. Hu seperti dikutip drivearab.com.

Luxgen - yang berasal dari kata Luxury dan Genius itu - dibekali fitur sistem komputer, seperti 'Think+' yang merupakan produk hasil hasil kongsi HTC dan Windows CE Automotive Interface.

Yulon Grup yang berdiri sejak 1953 itu, mengaku akan merambah pasar Timur Tengah, Amerika Tengah, Rusia, Cina dan Asia Tenggara untuk menjajakan produknya. Malah, jaringan pemasaran di beberapa kawasan itu telah disiapkan.

Selain ditawarkan dalam bentuk MPV, Luxgen juga ditawarkan dalam wujud Sport Utility Vehicle (SUV). Namun sayang, Yulon belum memberi bocoran berapa banderol mobil tersebut.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi