Suzuki Siap Produksi Swift Plug-in  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 14 Mei 2010 23:08 WIB
Suzuki Plug-in Hybrid (electriccarsreport.com)

TEMPO Interaktif, Tokyo - Pabrikan otomotif Jepang, Suzuki Motor Corporation, telah mengembangkan Suzuki Swift plug-in. Bahkan, seperti dilansir situs resmi pabrikan itu, www.globalsuzuki.com, produksi hatchback plug in itu mendapat persetujuan dari Kementeria nPertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang, Rabu (12/5) lalu.

Pabrikan itu menyebut, Swift Plug-in itu dibekali mesin bensin 660 cc dan dipadukan dengan motor listrik. Bila menggunakan motor listrik, mobil mampu merengkuh jarak 15 kilometer.

Tetapi bukan berarti, mobil akan mogok dan perjalanan berakhir. Pasalnya, bila baterai melemah dan energi listrik sudah kedip-kedip tak berdaya secara otomatis mesin konvensional mengambil alih tugas menggerakkan mobil.

“(Karena itu) pengguna (mobil) tak perlu risau bila baterai telah melemah,” sebut sumber di pabrikan itu.

Suzuki Motor juga mengaku optimistis bisa mengembangkan model itu secara massal. Pasalnya dengan ukuran mobil yang kompak, baterai yang kecil, harga pun bisa ditekan sehingga terjangkau konsumen.

Pada tahap awal, Suzuki mulai mendistribusikan Swift Plug-in itu ke dealernya di seluruh Jepang pada musim gugur mendatang. Setelah itu dealer melakukan pengujian sembari mengumpulkan data kinerja mobil sesuai dengan kondisi jalan di daerah yang bersangkutan.

Hanya sayang, hingga saat ini belum ada keterangan ihwal tenaga yang dihasilkan oleh paduan mesin konvensional dengan motor listrik itu. Pun dengan serangkaian fitur yang bakal disematkan bila Swift Plug-in itu telah diproduksi secara massal, serta banderol harganya.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi