New Hyundai Genesis, Sedan Paling Aman 2010 Versi IIHS  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 16 Mei 2010 13:40 WIB
autoevolution.com

TEMPO Interaktif, California - Sedan mewah besutan Hyundai Motors, New Hyundai Genesis model 2010, dinobatkan sebagai 'Top Safety Pick' atau mobil paling aman oleh Lembaga Asuransi untuk Keselamatan Jalan Raya (Insurance Institute of Highway Safety/IIHS) Amerika Serikat.

Seperti dikutip autoevolution.com, Minggu (16/5) sumber di IIHS mengatakan, sedan anyar asal Negeri Ginseng itu mendapat nilai bintang lima atau peringkat tertinggi setelah menjalani serangkaian uji tabrakan. Pengujian meliputi tabrak dari depan, samping, belakang, serta uji ketahanan atap bila mobil terguling.

“Satu persyaratan baru yang ditetapkan oleh lembaga adalah, mobil yang diuji sudah harus memiliki piranti Electronic Stability Control (ESC) sebagai fitur standar,” sebut sumber itu.

Dengan penambahan persyaratan baru – wajib memiliki pranti ESC dan uji atap bila mobil terguling- itu, dimaksudkan untuk memastikan bahwa mobil yang diuji benar-benar memiliki ketahanan tinggi.

"Fitur ESC yang merupakan pengendalian mobil seacara elektronik di mobil Hyundai itu memang dimaksudkan untuk membantu mencegah terguling. Bahkan mencegah tabrakan (dari depan, samping, maupun belakang)," kata Derek Joyce, Manajer Perencanaan Produk, Hyundai Motor Amerika.

New Hyundai Genesis yang diluncurkan di gelaran Beijing Auto Show, April lalu itu ditawarkan dalam dua tipe mesin. Pertama mesin 3.800 cc V6 yang bertenaga 290 daya kuda pada 6.200 rpm. Sedangkan tipe kedua, mesin 4.600 cc V8 yang mampu menyemburkan tenaga 378 daya kuda pada 6.500 rpm dan torsi 324 ft pada 3.500 rpm.

Sedan itu dibanderol mulai US$ 33.000 atau sekitar Rp 300,3 juta.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi