Webber: Ini Hari Terbaik Sepanjang Hidupku
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 17 Mei 2010 12:18 WIB
Mark Webber. AP Photo
TEMPO Interaktif, Monako -  Pembalap tim Red Bull, Mark Webber, mencatatkan hasil sempurna setelah menjuarai balapan Formula 1 di Sirkuit Monte Carlo, Monako, kemarin. Webber, yang memulai lomba dari posisi terdepan (pole position) tak terkejar para pesaingnya dan menyelesaikan lomba 78 putaran itu dengan catatan waktu 1 jam 50 menit 13,35 detik.

Ini adalah kemenangan kedua pembalap asal Australia itu musim ini setelah menang pada balapan di Spanyol, pekan lalu. Rekan satu tim Webber, Sebastian Vettel, melengkapi kemenangan Red Bull setelah menyelesaikan lomba di urutan kedua dengan selisih waktu hanya 0,4 detik. Pembalap Renault, Robert Kubica, menempati posisi ketiga disusul Felipe Massa (Ferrari) dan Lewis Hamilton (McLaren).

Dengan kemenangan ini, Webber pun berhasil menggeser pembalap McLaren, Jenson Button, dari puncak klasemen pembalap dengan perolehan 78 poin. Button, juara Formula 1 musim lalu, gagal menyelesaikan balapan ini karena mesin mobilnya rusak dan mengeluarkan asap saat menjalani putaran ketiga.

"Kemenangan ini benar-benar luar biasa. Ini adalah hari terbaik yang pernah aku alami sepanjang hidupku," kata Webber, yang kini mengumpulkan empat kemenangan sepanjang kariernya di Formula 1.

Pembalap Ferrari, Fernando Alonso, sukses menyelesaikan lomba pada urutan ketujuh di belakang Michael Schumacher. Hasil ini cukup bagus bagi Alonso mengingat ia memulai lomba dari pit karena harus mengganti sasis mobil akibat kecelakaan berat yang menimpanya pada sesi latihan.

Balapan di Monte Carlo, yang menggunakan trek jalan raya, ini diwarnai banyak kecelakaan. Bahkan safety car harus masuk lintasan sebanyak empat kali. Rubens Barrichello dari tim Williams, Jarno Trulli (Lotus), dan Karun Chandhok (HRT) adalah pembalap yang gagal menyelesaikan lomba. Kemenangan Webber pun sedikit terbantu oleh safety car, yang keluar pada tiga lap menjelang akhir balapan.

REUTERS | AUTOSPORT | GABRIEL WAHYU TITIYOGA

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi