Land Rover Berpenggerak Roda Depan Dipasarkan 2011  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 18 Mei 2010 17:30 WIB
carmagazine.co.uk
TEMPO Interaktif, London - Pabrikan otomotif asal Inggris, Jaguar and Land Rover, Selasa (18/5), resmi mengumumkan akan memproduksi Sport Utility Vehicle (SUV) kompak berpenggerak roda depan akhir tahun ini. Selain itu, pabrikan ini juga akan memproduksi varian berteknologi hybrid.

Mobil berpenggerak roda depan itu diharapkan sudah mulai dijual pada Juli 2011. Tingkat emisi kendaraan itu diklaim kurang dari 130 gram per kilometer.

“Land Rover telah mengumumkan untuk memproduksi Range Rover berpenggerak roda depan. Ini merupakan berita bagus bagi perusahaan maupun untuk konsumen,” papar Phil Popham. Managing Director Land Rover seperti dikutip autoevolution.com, Selasa (18/5).

Sebelumnya, seperti dilansir motorauthority.com, sumber di Land Rover menyebutkan SUV berpenggerak roda depan itu adalah baby crossover Land Rover LRX. Tujuan perusahaan memproduksi mobil itu adalah untuk menciptakan model yang irit bahan bakar.

Phil Popham mengatakan generasi anyar Land Rover itu dirancang di pusat desain Land Rover, di kota Gaydon dan diproduksi di pabrik, Halewood, Merseyside, Inggris.

Ada dua pilihan mesin yang ditawarkan. Pertama mesin diesel 2.200 cc yang dilengkapi turbo-diesel. Mesin ini menghasilkan tenaga 160 daya kuda dan torsi 400 Newton meter (Nm).

Tipe kedua adalah, mesin bensin 3.200 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga 230 daya kuda dan torsi maksimum 317 Nm.

Adapun tipe hybrid pertama yang akan diproduksi pabrikan ini adalah varian bermesin disel yang dikombinasikan dengan motor listrik. Prototipe diesel hybrid yang disebut range “E” itu mulai diuji pada akhir tahun ini.

Varian tersebut menggunakan mesin berkapasitas 3.000 cc TDV6 dengan transmisi otomotis ZF delapan tingkat percepatan. Tingkat emisi CO2 versi hybrid ini hanya 120 gram per kilometer.

Sedangkan motor listrik – tanpa bantuan mesin konvensional - disebut-sebut mampu membawa mobil hingga jarak sejauh 32 kilometer. Kecepatan maksimal yang mampu direngkuh mobil hybrid ini, menurut Land Rover, mencapai 120 mil per jam atau sekitar 192 kilometer per jam.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi