Honda Lepas Skuter Matik Scoopy Rp 13,5 Juta
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 20 Mei 2010 17:35 WIB
Tempo/Arif Arianto

TEMPO Interaktif, Jakarta:PT Astra Honda Motor (PT AHM) resmi meluncurkan varian skuter matik bergenre retro moderen, Honda Scoopy. Model anyar itu dibanderol Rp 13,5 juta. Namun tidak seperti di Thailand yang menggunakan teknologi injeksi, Scoopy di Indonesia ini masih menggunakan karburator

"Ihwal masih digunakannya karburator itu, karena di Indonesia juga masih menggunakan standar Euro 2. Pada sisi lain, penggunaan piranti itu untuk memberikan harga Scoopy yang kompetitif bagi konsumen Indonesia," tutur Yusuke Hori, Presiden Direktur PT AHM, di sela peluncuran Honda Scoopy, di Jakarta, Kamis (20/5).

Sementara itu Johannes Loman, Wakil Presiden Direktur PT AHM, mengatakan hadirnya skuter matik terbaru di trah Honda itu akan semakin memperkuat posisi Honda sebagai pabrikan sepeda motor dengan varian terlengkap.

"Terlebih tampilan Scoopy yang unik akan mencipatkan pasar skutik baru. varian ini membidik segmen usia muda 18 - 25 tahun," ujar dia.

Memang, skuter retro ini memiliki tampilan khas yang hingga saat ini belum dimiliki oleh pabrikan lain. Tampilan serba bulat terlihat mulai dari bodyline, desain lampu depan, lampu sein, hingga sepasang spion kembarnya menjadi ciri khas Scoopy.

Lampu bulat Scoopy juga dilengkapi lampu senja dengan multireflektor. Sehingga, pencahayaan lebih terang dan jangkuan lampu lebih jauh. Sedangkan dua lampu sein bertekstur yang dipasang terpisah dari bodi mempertegas kesan retro moderen, sekaligus membuat Scoopy lebih mudah dilihat dari arah depan maupun samping.

Kesan moderen juga terlihat dari samping, terutama dengan tampilan garis-garis yang lugas, emblem Scoopy. Begitu pula dengan velg racing, spion, serta pelindung knalpot tematis berwarna putih, semakin memperkuat kesan genre retro modoren skuter bermesin 110 cc tersebut.

Selain itu, Scoopy juga dilengkapi dengan kunci pengaman bermagnet otomatis sebagai sarana untuk pengamanan dari tindak pencurian, tuas kunci rem, standar samping otomatis, serta choke otomatis. "Kami juga menyediakan berbagai aksesoris bagi para pecinta skuter ini. Sehingga, akan memaksimalkan aksi berkendara dengan Honda Scoopy," ujar Julius Aslan, Direktur Pemasaran PT AHM.

Dengan serangkaian fitur dan berbagai perlengkapan penunjang itu, bagi Julius, harga Rp 13,5 juta on the road Jakarta itu tidaklah terlalu mahal. Terlebih, saat ini belum ada pabrikan lain yang memproduksi sukter matik dengan konsep seperti itu.

Ihwal target dan prospek penjualan Julius mengaku optimistis. Skuter ini ditargetkan bisa terjual 10 ribu unit per bulan. Sedangkan prospek penjualan, Julius menyebut kendati skuter itu bergaya retro yang oleh sebagian orang ditafsirkan sebagai sebuah gaya musiman tetapi PT AHM meyakini bahwa gaya seperti itu akan memiliki segmen tersendiri.

"Itulah yang kami sebut sebagai trendsetter, karena kami yakin diantara konsumen pasti ada orang-orang muda yang ingin tampil beda. Dan itu akan menjadi trend tersendir. Terlebih sebelum meluncurkan skuter ini kami telah melakukan survei yang hasilnya sangat mendukung perlunya peluncuran model itu," papar Julius.

Saat ini, Scoopy ditawarkan dalam tiga pilihan warna yaitu Classic White, Retro Pink, serta Vintage Violet. Scoopy memiliki panjang 1,884 meter (m), lebar 0,699 m, dan tinggi 1,07 m. Berat kosong skuter ini 94 kilogram.

Sistem suspensi depan menggunakan teleskopis, sedangkan bagian belakang menggunakan lengan ayun dengan sokbreker tunggal. Melengkapi sistem suspensi itu, Honda menyematkan rem cakram hidrolik dengan piston tunggal di bagian depan dan bagian belakang menggunakan rem tromol.

Sementara ban, menggunakan ukuran 80/90-14M/C 40P di depan dan 90/90-40M/C 46P.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi