Ingin Jadi Pabrikan Terbesar Dunia, VW Caplok Italdesign  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 25 Mei 2010 13:11 WIB
.
TEMPO Interaktif, Turin - Volkswagen AG mengumumkan rencana pembelian 90 persen saham Italdesign Giugiaro SpA, rumah desain di Italia, pada Selasa (25/5) waktu setempat. Seperti diwartakan automotivenews.com, keluarga Giugiaro – pemilik lama – masih akan memiliki saham di perusahaan itu 10 persen.

VW sangat berminat membeli saham Italdesign untuk mewujudkan ambisinya menjadi perusahaan otomotif terbesar di dunia pada 2018. Pabrikan asal Jerman itu mematok target produksi mencapai 10 juta unit pada tahun itu.

Lantaran itulah, 10 merek di bawah naungan Grup VW termasuk Porsche membutuhkan sentuhan tangan dingin para insinyur dan desainer. Sedangkan di tahun ini, pembuat mobil terbesar di Eropa itu akan menambah 10 model anyar termasuk model yang ditingkatkan spesifikasinya.

Italdesign adalah perusahaan rancang bangun mobil yang didirikan oleh Giorgetto Giugiaro pada 1968. Saat ini, perusahaan ini memiliki 975 pekerja serta 800 unit kerja desain dengan sarana komputer..

Giorgetto Giugiaro, 71 tahun, bertindak sebagai pimpinan perusahaan tersebut. Adapun Fabrizio, 45 tahun, sang putra, menjadi Kepala Divisi Desain dan Model. “Keduanya diharapkan masih melanjutkan perkerjaannya pasca pengambilalihan (saham) itu,” ujar sumber VW.

Selama ini, Italdesign tidak pernah memaparkan kinerja keuangannya. Namun, data terakhir menyebutkan pada 2008 lalu perusahaan membukukan pertumbuhan pendapatan sebesar 6,2 persen menjadi 136 juta euro atau sebesar Rp 1,57 triliun.

Sumber di VW mengatakan, pengumuman resmi tentang pembelian saham Italdesign oleh VW akan diumumkan Selasa (25/5) pagi waktu setempat di kantor pusat perusahaan itu, di Moncalieri, yaitu sebuah kota 15 kilometer di sebelah Selatan Turin, Italia.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi