Volkswagen Resmi Akuisisi Italdesign  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 26 Mei 2010 08:00 WIB
reuters
TEMPO Interaktif,Munich:Pabrikan otomotif asal Jerman, Volkswagen (VW) AG akhirnya benar-benar membeli 90,1 persen saham perusahaan desain rancang bangun mobil Italia, Italdesign. Akuisisi kepemilikan perusahaan milik Giorgtetto Giugiaro itu, dilakukan VW untuk mewujudkan ambisinya menjadi pabrikan otomotif terbesar sejagad pada 2018 nanti.

“Sumbangan Italdesign sangat penting untuk mencapai target global kami di 2018 nanti,” tandas Martin Winterkom, Chief Executive Officer VW seperti dikutip automotivenews.com, Selasa (25/5) malam.

Seperti diketahui, VW telah mematok target produksi 10 juta unit pada 2018 nanti. Sementara, VW menyadari 10 merek dibawah naungan Grup VW termasuk Porsche membutuhkan sentuhan tangan dingin para insinyur dan desainer andal. Terlebih, di tahun ini, produsen mobil terbesar di Eropa itu juga akan menambah 10 model anyar termasuk model yang ditingkatkan spesifikasinya.

Bagi VW Italdiseign memiliki nilai tersendiri. Fakta membuktikan, salah satu model terlaris VW yaitu VW Golf I, adalah buah karya para desainer Italdesign Winterkom pun mengakui  hal itu. Keberhasilan Golf I, telah meletakkan pondasi bagi model VW selanjutnya.

“Italdesign merupakan simbol kreatifitas desain mobil Italia, yang telah mewarnai wajah industri mobil di seluruh dunia,” aku dia.

Sementara bagi Giugiaro, Bos Italdesign, akuisisi saham perusahaan miliknya oleh VW memiliki arti penting bagi perusahaan. Menurut dia, bergabung dengan VW berarti telah membuka peluang  di masa depan yang lebih baik bari perusahaan.

Perusahaan tersebut didirikan oleh Giorgetto Giugiaro pada 1968. Saat ini, Italdesign memiliki 975 pekerja serta 800 unit kerja desain dengan sarana komputer..Giugiaro, 71 tahun, bertindak sebagai pimpinan perusahaan tersebut. Adapun  Fabrizio, 45 tahun, sang putra, menjadi Kepala Divisi Desain dan Model. Kini, keluarga Giugiaro masih memiliki saham di perusahaan itu sebesar 9,9 persen.

Italdesign tidak pernah memaparkan kinerja keuangannya. Namun, data terakhir menyebutkan, pada 2008 pendapatan perusahaan itu 136 juta euro (sekitar Rp 1,6 triliun) atau meningkat 6,2 persen dari tahun sebelumnya.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi