MAN Bidik Target 700 Unit di Tahun 2011
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 14 Desember 2010 23:06 WIB
Man Truck TGS. (Raju Febrian/TEMPO)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Melonjaknya penjualan otomotif tak hanya dialami sektor kendaraan penumpang dan sepeda motor. Pasar komersil truk besar berukuran 24-40 ton juga mengalami peningkatan signifikan. PT Duta Putera Sumatera -- importir eksklusif dan distributor truk MAN -- menaikkan target mereka menjadi 700 unit di tahun 2011 mendatang.

Nugroho Tjandrakusuma, President Director PT Duta Putera Sumatera mengatakan pasar truk besar memang tidak terlalu besar berkisar di angka 1500 unit. Sebagian besar didominasi pabrikan asal Eropa seperti MAN, Mercedes-Benz, Volvo, Renault, dan Scania.

"Kami sendiri berharap bisa menjual sebanyak 700 unit tahun depan. Sebanyak 150 diantaranya model MAN TGS (40 ton) dan 550 unit model MAN CLA (26 ton)," kata Nugroho saat peluncuran MAN truck TGS Series di Jakarta, Selasa (14/12) siang.

Sejak pertama kali resmi masuk Indonesia pada Mei 2009 lalu, DPS telah menjual total sebanyak 432 unit truk MAN. Sebanyak 329 unit model CLA dan 103 unit model TGA yang kini digantikan TGS. Sedangkan tahun ini, sampai akhir tahun, DPS berharap bisa mencatat angka penjualan 359 unit.

Mengenai kesiapan bengkel dan sprare part, Nugroho mengatakan saat ini pihaknya baru memiliki di Jakarta dan Balikpapan. Akhir tahun ini rencananya akan bertambah satu di Pekanbaru. Sedangk tahun depan, rencananya akan ditambah di Medan, Palembang, Makassar, Samarinda.

"MAN sudah memiliki 43 konsumen di 23 lokasi yang tersebar di Kalimantan, Sumatera, Jawa, dan Nusa Tenggara. Di tiap titik lokasi kami memiliki mekanik," kata Nugroho.

Ia mengatakan tahun depan pihaknya juga berencana memasukkan MAN Bus dan Engine MAN untuk penggerak mesin kapal

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi