General Motors Tarik 111 Ribu Mobil SUV
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 18 Desember 2010 15:55 WIB
General Motors. AP/Paul Sancya

TEMPO Interaktif, Detroit - General Motors (GM) Jumat lalu mengumumkan akan menarik-kembali sekitar 111.000 SUV berbagai model karena pengait sabuk pengaman rentan gagal menahan, sehingga dikhawatirkan dapat mengakibatkan cedera jika terjadi kecelakaan. Model-model SUV yang ditarik adalah Chevy Equinox, GMC Terrain, dan Cadillac SRX 2011. Model-model SUV 2011 ini sebelumnya sudah didistribusikan ke Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

GM akan memulai mengirim pemberitahuan kepada para pemilik mobil pada Januari. GM juga memastikan bahwa pihaknya akan membayar semua usaha bantuan para dealer.

Gesper sabuk-pengaman SUV-SUV tersebut dipasok oleh Autoliv Inc. Sedangkan perusahaan Hyojin dari Korea Selatan-lah yang memproduksi gesper dan memasok kepada Autoliv, kata GM.

Juru bicara GM Alan Adler mengatakan tidak ada komponen pengganti untuk membereskan masalah ini. Sebab, lanjut Alan, yang bermasalah di sini berasal dari produksi komponen-komponen gesper sabuk-pengaman itu.

Dari total 111.136 kendaraan yang ditarik kembali, GM mengatakan, 67.805 adalah model Equinox, 29.926 adalah model Terrain, dan 13.405 yang model SRX.

Pada bulan November, GM juga menarik kembali hampir 200.000 truk karena gesper kursi yang hilang. Penarikan-kembali keduanya bukan merupakan masalah yang sama, kata Adler.

Saham GM turun 0,3 persen pada 33.50 dollar AS di New York Stock Exchange pada tengah hari. Saham Initial Public Offering GM diberi harga 33 dollar AS ketika mereka diluncurkan kembali pada di NYSE pada 18 November lalu.

REUTERS | ASWIDITIYO NEDWIKA

#Produksi Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi