Chevrolet Bantah Berniat Relokasi Basis Pemasaran ke Indonesia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 21 Desember 2010 00:45 WIB
Chevrolet
TEMPO Interaktif, Jakarta - General Motor Autoworld Indonesia (GMAI), selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Chevrolet di Indonesia membantah pemberitaan tentang rencana pemindahan kantor pemasaran regional GM Asia Pasifik dari Thailand ke Indonesia. Dijelaskan bahwa kantor operasional pusat General Motors (GM) untuk wilayah Asia Pasifik berada di Shanghai, bukan di Thailand.
Mukiat Sutikno selaku Managing Director GMAI, GM tidak pernah berencana memindahkan basis produksinya di wilayah Asia Tenggara yang berada di Thailand ke Indonesia. Namun GM tengah melakukan studi untuk memperluas basis produksinya di wilayah Asia Tenggara.
“Indonesia merupakan salah satu negara yang tengah menjadi perhatian GM untuk dijadikan basis produksi baru di Asia Tenggara. Mengingat Indonesia adalah salah satu dari 11 negara yang dikategorikan GM sebagai negara dengan perkembangan pasar otomotif yang pesat,” tegas Mukiat dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (20/12).
Ia menegaskan, paska terbentuknya GM Baru (The New GM) pada Juli 2009, kantor operasi di wilayah Asia Pasifik hanya membawahi negara-negara di kawasan Asia Pasifik telah berubah menjadi GM Internasional Operations (GMIO) yang tidak hanya membawahi negara di wilayah Asia Pasifik. Melainkan juga membawahi negara di wilayah Amerika Latin dan Timur Tengah. GMIO dipimpin oleh Tim Lee, selaku Presiden GMIO.
Sementara untuk wilayah Asia Tenggara, pusat kendali GM berada di Thailand dipimpin oleh Presiden GM Asia Tenggara (GM South East Asia), Martin Apfel.
Sebelumnya seperti diberitakan Kantor Berita Antara, Minggu (20/12) dan Kantor Berita Bernama, Senin (21/12), Produsen mobil asal Amerika Serikat, Chevrolet (General Motors) ingin merelokasi basis pemasaran wilayah Asia Pasifik dari Thailand ke Indonesia. 
Disebutkan, manajemen Chevrolet menginginkan relokasi dari Negeri Gajah Putih ke Indonesia karena terus bertumbuhnya penjualan merek itu dalam empat tahun terakhir. Dikatakan, spanjang 2009 lalu, Chevrolet membukukan penjualan 2.600 unit di Indonesia. Sedangkan di 2010 ini penjualan diperkirakan mencapai 4.500 unit.
ARIF ARIANTO
#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi