Ini Dia, 10 Mobil Konsep Terbaik 2010
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 22 Desember 2010 22:42 WIB
Jaguar C-X75 Concept (Dok. Jaguar)

TEMPO Interaktif, Chicago - Di dunia otomotif, sepanjang 2010 ditandai lahirnya sejumlah model baru. Para produsen mobil berlomba untuk menampilkan produk anyar mereka guna merebut simpati konsumen.

Sejumlah teknologi canggih serta desain apik mereka suguhkan kepada konsumen. Menggenapi gelontoran produk anyar itu, produsen mobil juga memperkenalkan model masa depan yang akan mereka produksi atau yang biasa disebut mobil konsep. Desain, fitur canggih, dan teknologi pendukung lainnya mereka janjikan.

Seperti halnya mobil yang telah diproduksi, dalam menampilkan mobil konsep para produsen itu juga bersaing ketat dengan menonjolkan keunggulan masing-masing. Laman carscoop.com, Rabu (22/12) menyajikan 10 mobil konsep terbaik 2010.

Berikut kesepuluh mobil tersebut :

1. Jaguar C-X75Supercar besutan Jaguar ini pertama kali dipajang di gelaran Los Angeles Auto Show 2010 yang berlangsung 17 - 28 November 2010. Jaguar C-X75 memiliki beberapa keunggulan khas. Motor listrik berkapasitas 140 kilo watt (kW) yang disandangnya mampu menyemburkan tenaga hingga 780 daya kuda.

Menariknya, meski pengisian baterai hanya dilakukan sekali dalam waktu enam jam, namun mobil mampu menempuh jarak hingga 100 kilometer (km). Bahkan, jangkauan mobil bisa diperpanjang menjadi 900 km.

Hal itu berkat penggunaan mikro turbin gas yang bertugas mengisi baterai atau memutar langsung motor listrik. Mobil ini mampu melesat hingga 330 kilometer per jam (kpj). Bahkan akselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kpj hanya dicapai dalam tempo 3,4  detik.

2. Audi QuattroAudi Quattro pertama kali diperkenalkan di gelaran Paris Auto Show, Oktober 2010. Mobil cross coupe ini menggunakan mesin 2.500 cc V8 dan transmisi dual clutch dari RS5.

Mesin lima silinder turbocharged itu mampu menyemburkan tenaga 408 daya kuda, dan torsi 354 Newton meter (Nm). Audi bekerja sama dengan anak perusahaan Volkswagen AG , Italdesign Giugiaro dalam mengerjakan mobil ini.3. Lamborghini Sesto ElementoKonsep mobil ini muncul pertama kali di gelaran Paris Motor Show pada Oktober lalu. Rencananya Lamborghini akan diproduksi hanya 12 unit. Mesin yang digunakan 5.200 cc V10 sama dengan Lamborghini LP570-4 Superleggera.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 570 PS. Kemampuan akselerasi dari 0-100 kilometer per jam (kpj) hanya dalam tempo 2,5 detik, dengan kecepatan maksimum 300 kpj. Mobil supersport yang diproduksi sangat terbatas ini dibanderol 2,5 juta euro atau Rp 31,88 miliar.

4. New Lancia StratosMobil ini dirancang sebagai mobil untuk Rally. Lancia Stratos merupakan paling spektakuler di dunia rally sejak 1970 - 1980-an.

Proyek pembuatan New Lancia Stratos dimulai sejak akhir 2008 di rumah design kondang, Pininfarina. Menggunakan chasis Ferrari F430 Scuderia versi pendek.

Komponen Ferrari lainnya yang digunakan mobil ini adalah mesin V-8 F430, rem carbon keramik, serta lampu belakang Ferrari 599 GTB. Selain itu digunakan roll cage dan bodi menggunakan bahan serat karbon.

5. Lotus EliseMobil asal Inggris itu disebut-sebut bakal bersaing ketat dengan Aston Martin Rapide. Mobil ini akan diproduksi pada 2013 mendatang.

6. Peugeot EX1Roadster dua penumpang ini diproduksi sebagai penanda ulang tahun Peugeot yang ke-200. Mobil ini menggunakan tenaga yang berasal dari dua buah motor listrik. Tenaga yang dihasilkan mencapai 340 daya kuda dengan berpenggerak 4WD.

Bodinya sangat aerodinamis dan dibuat dari bahan yang sangat ringan. Pabrikan asal Prancis itu mengklaim EX1 Concept memiliki kecepatan akselerasi yang jauh lebih cepat dari mobil mana pun.

7. Mercedes Benz BIOMESupercar Mercedes itu diklaim bakal menjadi mobil ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Kendati belum ada rincian namun sumber di Mercedes mengaku mobil itu akan berbasis coupe dan akan diluncurkan pada 2015.

Mobil ini dipamerkan di gelaran Los Angeles Auto Show, November lalu. Ukurannya sangat kompak dan pendek dengan formasi tempat duduk 2 + 2.8. Renault DeZirDeZir merupakan coupe dua tempat duduk dengan mid-mount motor listrik dan baterai yang tersimpan tegak di belakang kursi. Motor listrik itu diklaim mampu menghasilkan tenaga 150 PS dan torsi 226 Newton meter.

DeZir menggunakan sitem pengereman canggih yang mirip dengan KERS (Kinetic Energy Recovery System) seperti yang digunakan mobil Formula 1. Bila mobil direm tenaga yang disemburkan mesin akan didaur ulang dan diisikan ke baterai. 9. Citroen LacosteMobil ini dirancang oleh rumah mode Lacoste dan produsen mobil Citroen. Dimensinya cukup kompak, mirip dengan Citroen C1 atau Toyota Aygo dengan panjang 3,45 meter (m), lebar 1,8 m, tinggi 1,52 m, dengan sumbu roda 2,3 m.

Citroen mengatakan konsep tersebut mencerminkan keberanian, kreativitas, dan optimisme sebagai lambang gaya hidup anak muda.

Citroen Lacoste Concept dibekali mesin bensin tiga silinder. Namun, belum ada penjelasan ihwal kapasitas, tenaga, sampai torsinya.

10. Kia PopMobil ini memiliki panjang 3 meter terdiri dari tiga jok. Menggunakan glass roof ditambah lampu belakang LED. Hal itu dimaksudkan untuk menghemat penggunaan listrik.Kia Pop memiliki kemiripan konsep Ray Plug in hybrid yang dikenalkan pada awal tahun ini. Ray menggunakan teknologi baru termasuk nano laminate films dan material cool glazing guna mengurangi radiasi sinar matahari.ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi