Ford Lengkapi Focus Anyar dengan Torque Vectoring Control
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 28 Desember 2010 22:10 WIB
All new Ford Focus 2012. Foto: www.ford.com

TEMPO Interaktif, Detroit - Ford Motor Company akan meluncurkan All New Ford Focus pada Januari 2011 mendatang. Pabrikan ini menegaskan generasi terbaru Focus itu akan dilengkapi fitur canggih yang selama ini digunakan di mobil mewah, yaitu vectoring torque control.

Seperti dilansir detroitnews.com, Selasa (28/12), Ford mengatakan berkat peranti tersebut stabilitas mobil akan terjaga dan mencegah mobil slip. "Teknologi ini umumnya dipasang di mobil sport mewah, namun Ford menjadikannya sebagai fitur standar di mobil kecil baru besutannya," tutur Rick Bolt, Program Manager Ford.

Teknologi vectoring torque control dirancang untuk memberikan kontrol kestabilan pada mobil di saat mobil menikung secara tiba-tiba. Bahkan, di saat pengemudi memutar setir secara tiba-tiba dan dalam kecepatan tinggi.

Sistem kerja peranti itu mengadopsi gaya seorang pemain ski salju yang meliuk-liuk di atas permukaan salju guna mendapatkan keseimbangan dan menghindar dari kemungkinan tergelincir. "Berbekal teknologi itu pula, kami ingin meningkatkan kemampuan pengemudi dalam mengendalikan mobil," tandas Bolt.

Sebelumnya, Ford mengatakan, ihwal mesin pihaknya menggunakan pendekatan efisiensi di semua varian mesin yang ditawarkan di All New Ford Focus 2012. "Ford menggunakan pendekatan efisiensi baik pada varian mesin bensin maupun diesel, dan peranti Stop-Start menjadi fitur standar," sebut FMC seperti dilansir autoevolution.com, Jumat (8/10).

Di Eropa, All New Ford Focus itu ditawarkan dalam varian mesin bensin dan diesel 1.600 cc dan 2.000 cc. "Mesin bensin 1.600 cc ada dua tipe, yaitu bertenaga 105 dan 125 daya kuda. Sedangkan yang dilengkapi turbocharger menghasilkan tenaga 150 dan 180 daya kuda," papar pabrikan itu.ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi