Toyota Prius, Mobil Paling Andal 2010 Versi TUV Jerman  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 29 Desember 2010 22:43 WIB
Toyota Prius Third Generation
TEMPO Interaktif, Berlin - Lembaga Pengawas Mutu Jerman (TUV) bersama majalah otomotif Auto Bild menobatkan Toyota sebagai merek paling andal tahun ini. Delapan mobil produk Toyota memperoleh nilai tertinggi dalam lima kategori usia mobil.Seperti dilansir The Auto Channel, Rabu (29/12), pernyataan TUV dan Auto Bild menyebut, ada lima kategori usia mobil yang disurvei. Kelimanya adalah, mobil usia 2-3 tahun, 4-5 tahun, 6-7 tahun, 8-9 tahun, serta 10 - 11 tahun.

Di setiap kategori dipilih 10 mobil terbaik. "Mobil Prius hybrid, memimpin di kelasnya. Hasil penelitian menunjukkan mobil pelopor teknologi hybrid itu hanya mengalami masalah 2-3 persen saat berusia 2-3 tahun," sebut pernyataan kedua lembaga itu.

Pada kategori usia mobil yang sama, model lain besutan Toyota yaitu Toyota Auris juga memperoleh nilai tinggi dalam survei kualitas. "Penelitian terhadap peranti rem, suspensi, lampu serta penelitian terhadap efek yang ditimbulkan bagi lingkungan baik Prius maupun Auris sangat sedikit mengalami masalah. Sekitar 2 - 3 persen," papar TUV.

Keunggulan yang dimiliki Prius adalah sumber tenaganya, yaitu sinergi antara mesin konvensional dengan motor listrik. Paduan keduanya dinilai memiliki daya tahan dan semburan tenaga yang bagus.

Mobil Toyota yang meraih peringkat tinggi adalah Corolla Verso. Mobil ini memperoleh nilai tinggi untuk kategori usia mobil 4 - 5 tahun karena hanya memiliki tingkat permasalahan 4,2 persen.

Model keempat yang mendapat penghargaan Most Reliable Cars tahun untuk kategori 4- 5 tahun adalah Toyota Avensis. Hasil penelitian TUV dan Auto Bild menunjukkan, mobil ini hanya memiliki tingkat kerusakan 10,4 persen.

Bahkan, Avensis yang berusia 6 - 7 tahun hanya memiliki tingkat kerusakan 7,8 persen menjadi mobil Toyota kelima yang mendapat penghargaan bergengsi itu. Mobil ketujuh adalah Toyota RAV4 dengan tingkat kerusakan 7,8 persen dan dan mobil kedelapa Toyota Corolla dengan tingkat kerusakan 9,0 persen.

Toyota RAV4 juga menempati urutan ketiga di kategori mobil usia 8 - 9 tahun dengan tingkat kerusakan 10,2 persen. Di kategori ini pula, Toyota Yaris menempati urutan keempat dengan tingkat kerusakan 12,7 persen.

Pada kategori mobil usia 10 - 11 tahun, rata-rata kerusakan mobil yang diteliti oleh TUV dan Auto Bild mencapai 26 persen. Namun, mobil Toyota RAV4 yang berusia 10 - 11 tahun memiliki tingkat kerusakan 10,5 persen berada di urutan kedua.

Sedangkan Toyota Yaris dengan tingkat kerusakan 13,9 persen, Corolla 14,9 persen, dan Avensis 16,6 persen juga masuk dalam daftar tujuh besar mobil paling andal.

Penelitian tersebut dilakukan TUV bersama Auto Bild selama 12 bulan secara berturut-turut.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi