Toyota Etios Mulai Diproduksi di India
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 31 Desember 2010 01:52 WIB
Toyota Etios (Dok. Toyota)
TEMPO Interaktif, New Delhi - Pabrikan otomotif raksasa Jepang, Toyota, mengumumkan dimulainya produksi sedan murah Toyota Etios di pabrik mereka di Bangalore, India, mulai pekan ini. Etios merupakan mobil murah yang diproduksi guna memenuhi pasar India. Laman autoevolution.com menyebut jika Etios dijual mulai dari harga 496,000 rupee atau atau sekitar Rp 98,71 juta.

Pabrik di India ini dioperasikan Kirloskar Group-Toyota Kirloskar Motor(TKM) dan memiliki kapasitas produksi sekitar 80,000 unit per tahun. Dengan target tahunan sekitar 70,000 unit, Etios diharapkan bisa menjadi pemasok setengah dari penjualan total Toyota di India yang mencapai 145,000 unit.

Etios merupakan model sedan yang diperkuat mesin 1.5-liter 16-valve DOHC dengan tenaga 89 hp pada 5600 rpm dan torsi 132 Nm pada 3000 rpm. Mesin yang lebih kecil, 1.2 liter kabarnya juga tengah dipertimbangkan Toyota.

Saat ini Etios hanya tersedia dengan transmisi 5-speed manual. Toyota berencana mengembangkan keluarga Etios dengan memperkebalkan model hatchback lima pintu yang dinamai Liva pada April 2011 mendatang. Meski murah mobil ini sudah dilengkapi fitur lumayan oke seperti integrated audio controls, Electronic Power Steering (EPS), kemudi dengan fungsi tilt, SRS airbags, dan Anti-Lock Breaking System (ABS) dengan EBD.

Toyota memproduksi sebuah kendaraan dengan kandungan komponen lokal sekitar 70 persen. Rencananya angka ini akan ditingkatkan menjadi 90 persen pada tahun 2013. Untuk mencapai target tersebut Toyota akan meningkatkan beberapa produksi, misalnya mesin, secara lokal di kuartal keempat 2012. Sedangkan produksi transmisi pada awal 2013. Etios sendiri rencananya akan diekspor ke beberapa pasar potensial Toyota seperti Cina, Brasil dan Thailand.

Bagaimana dengan Indonesia? PT Toyota Astra Motor (TAM) dikabarkan akan melakukan uji coba Etios pada tahun 2011. Namun sumber di TAM mengatakan jika pihaknya belum memiliki rencana untuk memasukkan mobil murah tersebut ke tanah air.

RAJU FEBRIAN

 

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi