Toyota Resmi Memperkenalkan MPV Prius Hybrid  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 11 Januari 2011 10:39 WIB
Toyota Prius. REUTERS/Mark Blinch

TEMPO Interaktif, Detroit - Setelah beberapa bulan hanya muncul di dunia maya, Toyota Motors Corportaion (Toyota) akhirnya resmi memperkenalkan Toyota Prius hybrid versi Multi Purpose Vehicle (MPV) di gelaran Detroit Auto Show 2010, pada Sennin (10/1). Mobil ini mulai dipasarkan pada Juli mendatang.

Toyota juga memamerkan Prius anyar itu dalam versi ukuran lebih kecil, Prius c. Rencananya, versi ini iproduksi dan dipasarkan pada paruh pertama 2012.

Seperti dilansir news.com.au, Selasa (11/1), MPV Prius mesin konvensional dan sebuah motor listrik. Mesin konvensional 2ZR-FXE yang berkapasitas 1.797 cc diklaim mampu menghasilkan tenaga 98 daya kuda pada 5.200 rpm, dan torsi 142 Newton meter pada 4.000 rpm.
 
“Sedangkan motor listriknya menggunakan baterai metral nikel hydride. Tenaga yang dihasilkan mencapai 80 daya kuda dengan torsi 207 Nm,” aku Bob Carter, Kepala Toyota untuk wilayah Amerika Serikat.
 
Dibanding versi sedan, mobil baru itu memiliki dimensi yang lebih besar. Panjang 4,61 meter (m), lebar 1,77 m, dan tinggi 1,57 m. “Kapasitas bagasinya lebih besar 50 persen ketrimbang versi sebelumnya,” tandas dia.
 
Carater menyebut, keunggulan lain yang dimiliki MPV Prius itu adalah konsumsi bahan bakar mesin konvensional yang disandangnya sangat irit. Hasil pengujian Toyota, kata dia, konsumsi bahan bakar mobil itu satu liter untuk 17 kilometer jarak yang ditempuh.
 
“Sehingga paling irit dibanding sport utility dan wagon yang ada di pasaran saat ini,” kata dia.
 
Hanya, hingga kini Toyota belum memberi informasi ihwal harga.
 
ARIF ARIANTO
#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi