Toyota Targetkan Penjualan Model Hybrid 1 Juta Unit di 2011
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 18 Januari 2011 09:02 WIB
Toyota Prius. REUTERS/Mark Blinch
TEMPO Interaktif, Tokyo - Produsen mobil asal Jepang, Toyota Motor Corporation (Toyota), mematok target penjualan mobil hybrid besutannya di 2011 ini sebesar 1 juta unit. Selain Toyota Prius, pabrikan ini juga akan menggenjot penjualan varian lain berteknologi hybrid.

“Toyota berencana untuk menambah sekitar 10 model hybrid baru dalam beberapa tahun mendatang, serta meningkatkan jumlah pabrik perakitan model hybrid,” tulis harian bisnis Nikkei seperti dilansir Reuters, Selasa (18/1).

Model andalan Toyota selama ini, yaitu Prius, telah mencatatkan diri sebagai mobil terlaris di Jepang sepanjang 2010 lalu. Kebijakan pemerintah Jepang yang memberi potongan pajak untuk mobil ramah lingkungan semakin mendorong konsumen membeli mobil hybrid termasuk Prius.

Pada sisi lain, Toyota juga telah memperluas lokasi produksi mobil hybrid di luar Jepang termasuk Cina, Amerika Serikat, Thailand dan Australia. Proses produksi mobil ini telah mendapat insentif di beberapa negara.

“Pada masa mendatang, fokus strategi (pengembangan produk ramah lingkungan) Toyota adalah pada (mobil) hybrid, bukan listrik atau mobil fuel cell," kata Yoshihiko Tabei, analis kepala di Kazaka Securities.

Hingga saat ini, pesaing terkuat Toyota dalam varian hybrid adalah Toyota. Honda Motors telah memproduksi varian hybrid, Honda Insight. “Kualitas mobil tersebut bersaing ketat dengan Prius,” sebut Nikkei.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi