Ini Dia, Wujud Mobil Listrik Besutan BMW
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 19 Januari 2011 21:43 WIB
BMW Urban Electric
TEMPO Interaktif, Jakarta - Beberapa mobil ramah lingkungan baik yang bertenaga listrik murni maupun hybrid (gabungan antara mesin konvensional dan motor listrik) yang akan diproduksi oleh Bayerische Motoren Werke (BMW) perlahan tapi pasti, mulai mendekati kenyataan. 

Beberapa laporan yang dirilis blog BMW maupun media laporan beberapa waktu lalu menyebut dan memperlihatkan wujud mobil tersebut. "Mobil (ramah lingkungan) yang menjadi ambisi BMW adalah mobil kecil Sub BMW Seri 1 yang diperkirakan bakal dirilis 2013 - 2014," tulis laporan itu seperti dilansir autoten.com, Rabu (19/1).

Satu diantara mobil tersebut adalah BMW Megacity, yaitu sebuah mobil kecil bertenaga listrik. Mobil nir emisi karbon itu ditujukan bagi para komuter yang melaju di wilayah perkotaan.

Laporan itu menyebut, bodi mobil itu dibuat dari bahan Carbon Fibre and Reinforce Plastic (CFRP). Sedangkan kerangka interior menggunakan bahan dari alumunium. Penggunaan berbagai bahan berbobot ringan itu dimaksudkan untuk mengurangi berat mobil.

Maklum, mobil juga harus mengusung baterai penyimpan tenaga setrum yang terbuat dari logam ion lithium seberat 250 kilogram. Berkat bobot yang ringan, maka mobil itu akan irit dalam menggunakan tenaga listrik.

Adapun motor listrik yang ditempatkan di bagian belakang diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 136 daya kuda. Tenaga sebesar itu mampu mendorong mobil untuk berakselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kilometer per jam hanya dalam tempo 10 detik.

"Bila baterai terisi penuh, mobil mampu melaju hingga 160 mil (sekitar 256 kilometer) dalam sekali isi," tulis laporan itu.

BMW juga disebut berencana menawarkan varian lain yang memiliki fitur range extender. Peranti tersebut berupa mesin kecil yang berfungsi sebagai generator berkekuatan 30 - 40 daya kuda. Sehingga, mobil masih akan terus melaju meski cadangan tenaga setrum di baterai telah habis.

Laporan yang dilansir majalah AutoBild menyebut, pabrikan asal Jerman itu juga akan memproduksi varian hybrid. Mesin konvensional yang disandang varian ini adalah mesin tiga silinder berbobot 950 kilogram.

"Konsumsi bahan bakar mesin itu hanya tiga liter untuk jarak 100 kilometer," tulis media itu.

Mobil dengan panjang 4,1 meter itu akan ditawarkan dalam dua tipe. Pertama tipe dengan dua pintu dan dua tempat duduk. Kedua, tipe empat pintu dengan kapasitas lima orang.

ARIF ARIANTO 

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi