Tahun ini Ford Tetap Andalkan Ranger  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 20 Januari 2011 22:26 WIB
Will Angove President Director PT Ford Motor Indonesia (kanan), Lea Indra Communications Director PT FMI dan Bagus Susanto Sales & Marketing Director PT FMI di Jakarta, Senin (20/1). (Raju Febrian/TEMPO)
TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Ford Motor Indonesia (FMI) tetap akan mengandalkan pikap Ranger sebagai andalan penjualan mereka di tahun 2011. Kehadiran model baru dari pesaing tak membuat khawatir FMI,

Di tahun 2010 lalu, Ford menempati posisi sembilan ATPM dengan penjualan tertinggi di Indonesia. Ford berhasil meningkatkan penjualan hingga 40% di banding 2009 menjadi 8.871 unit.

Ranger menjadi penyumbang terbanyak setelah terjual 5.651 unit. Selanjutnya ada Ford Focus sedan (1.559 unit), Ford Everest (1.197 unit), Ford Escape (446 unit), dan Ford Focus Sport TDCi (18 unit).

Nah, selain Toyota Hilux, Isuzu D-Max, Nissan Frontier Navara, dan Mitsubisi L-300 yang menjadi sudah menjadi pesaing di tahun lalu, Ranger tahun ini akan menghadapi lawan baru. Mazda berencana memasukkan BT-50 terbaru dan Chevrolet datang dengan Colorado.

Meski demikian Ford tak terlalu khawatir. "Tentu kami mengantisipasi soal ini. Kami tetap akan menggarap pasar ini karena sangat potensial," kata Will Angove, Presiden Direktur PT FMI pada acara Media Roundtable Ford di Grand Indonesia, Kamis (20/1) siang.

"Kami yakin Ranger akan terus memimpin pasar pikap tahun ini meski akan ada pesaing baru. Ranger adalah Ford, dan Ford adalah Ranger," tambahnya.

Mengenai Ford Ranger baru yang sudah ditampilkan di Sydney Motor Show tahun 2010 lalu, Will mengaku belum akan memasukkannya tahun ini. Ia menyebut pasar terbesar pikap di Asia seperti Cina dan Thailand baru akan masuk akhir tahun ini.

"Indonesia sendiri baru akan masuk di kuartal pertama tahun 2012," katanya.

Selain Ranger, Ford juga akan menggenjot penjualan pendatang baru Ford Fiesta yang baru diluncurkan November 2010. Meski baru dua bulan, hatchback andalan Ford itu mampu terjual hingga 1.485 unit.

"Mungkin itu karena kami baru mengeluarkan Fiesta di akhir tahun. Jika saja kami keluarkan Fiesta di awal tahun bisa jadi jumlahnya akan lebih banyak lagi," kata Bagus Susanto, Sales and Marketing Director PT FMI

RAJU FEBRIAN

 

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi