Agera, Mobil Berbanderol Rp 20 Miliar Segera Rambah Asia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 24 Januari 2011 16:07 WIB
Koenigsegg Agera (caranddriver.com)

TEMPO Interaktif, Mumbai - Masih ingat Koenigsegg Trevita 2010? Ya, dialah mobil termahal sejagat yang tercatat hingga akhir 2010 lalu. Mobil asal Swedia itu dibanderol US$ 2,21 juta atau sekitar Rp 19,98 miliar. Itu pun masih bersifat off the road.

Selain termahal, Koenigsegg Trevita juga menjadi mobil langka di muka bumi ini. Maklum, mobil yang dibekali mesin 4.700 cc dan dilengkapi twin supercharger, itu cuma diproduksi tiga unit.

Kini, pembuat Trevita yaitu Koenigsegg Automotive AB mulai merambah pasar Asia. Negara yang pertama disasar pabrikan asal Swedia itu adalah, India. 

Seperti dilansir rediffbusiness.com, Senin (24/1), menggandeng Tahul Bhatia- perusahaan lokal India –akan meluncurkan supercar Koenigsegg Agera di negara itu. Namun, kepastian peluncuran akan diumumkan pada Februari mendatang di Hyderabad. 

Mobil super mewah itu akan dibanderol Rs 96 - Rs 100 juta atau sekitar Rp 19,23 - Rp 20,08 miliar. Itu pun masih bersifat off road.

Koenigsegg Agera mengusung mesin dari bahan alumunium berkapasitas 4.700 cc V8. Mesin itu diklaim mampu menyemburkan tenaga 850 daya kuda. “Berkat tenaga itu, mobil ini menjadi satu di antara mobil tercepat di dunia,” sebut laman tersebut.

Klaim sebagai mobil tercepat itu tidaklah berlebihan. Pasalnya, mobil mampu berakselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kilometer per jam (kpj) hanya dalam tempo 3,1 detik dan mampu melesat hingga 390 kpj.

Koenigsseg memproduksi Agera dalam jumlah terbatas yaitu 16 – 20 unit. Rencananya mobil itu akan diboyong ke gelaran Geneva Auto Show 2011 yang berlangsung maret mendatang untuk diperkenalkan ke publik.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi