Honda Odyssey Raih Peringkat Tertinggi Uji Tabrak Versi IIHS  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 26 Januari 2011 19:41 WIB
automotivenews.com
TEMPO Interaktif, Washington - Multi Purpose Vehicle (MPV) premium besutan Honda Motor Corporation, Honda Odyssey 2011, meraih skor tertinggi dalam serangkaian uji keamanan dan keselamatan yang digelar Lembaga Asuransi Keselamatan jalan Raya (IIHS) Amerika Serikat. 

Odyssey mendapatkan nilai tertinggi untuk uji tabrak dari depan, samping, belakang, serta uji kekuatan atap saat simulasi mobil terguling.

Hasil pengujian IIHS seperti dilansir autoevolution.com, Rabu (26/1), menyebutkan Odyssey memberikan perlindungan terbaik dengan reaksi cepat di saat terjadi tabrakan frontal.

“Dalam sebuah simulasi tabrakan frontal, penumpang ke depan dan terlindungi airbag. Setelah itu dia kembali ke posisi semula di kursi dan kepala tetap tegak tanpa cedera,” jelas pernyataan IIHS.

Namun, kesempurnaan perlindungan dan keamanan tidak hanya sebatas dada dan kepala saja, tetapi juga kaki. Hasil serangkaian uji tersebut membuktikan, kaki pengemudi maupun penumpang juga terlindungi dengan baik.

Lembaga asuransi itu tidak hanya menilai hasil proses uji tabrak saja, tetapi juga menilai kelengkapan peranti penunjang keamanan dan keselamatan. Pada aspek ini, keberadaan airbag yang berupa tirai di belakang mobil dan dilengkapi sensor rollover serta airbag di bagian samping pengemudi maupun penumpang menjadi tambah Odyssey.

Selain itu, perangkat Antilock Brake System (ABS) yang dilengkapi Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) memberikan tambahan nilai plus bagi minivan tersebut. Begitu pula dengan peranti penahan kepala (Active Head Restrains) serta Electronic Stability Control (ESC).

Honda Odyssey dibekali mesin bensin 3.500 cc V6 yang mampu menyemburkan tenaga hingga 248 daya kuda. Tenaga tersebut disalurkan dengan transmisi manual lima tingkat percepatan dan otomatis enam tingkat percepatan.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi