Standar Pengujian Berbeda, VW Tarik 27 Unit Beetle  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 1 Februari 2011 15:21 WIB
vw-beetle. themotorreport.com.au

TEMPO Interaktif, Washington:Produsen mobil asal Jerman, Volkswagen (VW), Selasa (1/2) menyatakan akan menarik 27 unit hatchback VW Beetle. Alasan peanrikan, karena mobil tersebut dinyatakan tidak memenuhi standar pengujian.

Seperti diwartakan egmcartech.com, VW Beetle generasi anyar yang diproduksi 1- 22 September 2010 saat menjalani uji tabrak hanya dijalankan dengan kecepatan 30 mil per jam atau sekitar 48 kilometer per jam (kpj).

Padahal, ketentuan baru yang ditetapkan oleh National Highway Safety Traffic Administration (NHTSA) mensyaratkan mobil yang dijual di negeri itu mulai 1 September 2010 harus menjalani uji tabrak dengan kecepatan 35 mil per jam atau 56 kpj.

Lantaran itulah, NHTSA meminta pabrikan itu segera menarik 27 mobil itu. Menyadari ada perbedaan antara kenyataan dengan ketentuan, VW bergerak cepat. Pabrikan itu berinisiatif menarik Beetle yang telah telanjur dijual. "Oleh karena itu mobil harus ditarik dari jalan raya," tandas Sheriece Matias, juru bicara VW.

VW pun berkomitmen mengganti mobil yang ditarik tersebut. Jenis, model, desainnya sama. Hanya, mobil pengganti itu juga diproduksi sebelum 1 September 2010. Artinya, model tersebut juga tak menjalani uji tabrak dengan kecepatan 56 kpj.

Memang, penarikan ini berbeda dengan penarikan mobil yang terjadi selama ini. Umumnya, penarikan dilakukan karena ada komponen yang bermasalah, tetapi penarikan Beetle itu disebabkan perbedaan kecepatan mobil saat diuji.

Namun, yang terlihat aneh adalah mobil pengganti yang disodorkan ternyata sama saja.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi