Januari 2011, Penjualan Daihatsu Naik 52%
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 11 Februari 2011 20:26 WIB
Assembly Plant Astra Daihatsu Motor di Sunter, Jakarta. (Raju Febrian/TEMPO)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Pertumbuhan penjualan whole sale sebanyak 52% menjadi kabar gembira Daihatsu di pembuka tahun 2011. Sepanjang bulan Januari 2011 PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berhasil meraih penjualan 12,590 unit, naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang tercatat 8,302 unit.

Dari angka ritel, Daihatsu juga mencatat kenaikan penjualan menjadi 39% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Penjualan ritel pada bulan Januari ini mencapai 11.008 unit.

Indikasi positif pasar mobil nasional meski ada beberapa faktor yang kurang menguntungkan seperti kenaikan pajak dan wacana pembatasan BBM terlihat dalam penjualan bulan Januari lalu. "Daihatsu akan terus memberikan yang terbaik kepada para pelanggannya, baik dari segi produk dan pelayanan," kata Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT. Astra Daihatsu Motor dalam keterangan pers Jumat (11/2).

Daihatsu Xenia tetap memberikan kontribusi terbesar sebanyak 53% dari penjualan Daihatsu. MPV kebanggaan Daihatsu itu membukukan penjualan sebanyak 6,619 unit. Posisi kedua diikuti oleh produk niaga andalan, Daihatsu Gran Max yang memberikan kontribusi sebesar 29%, atau sebanyak 3,683 unit.

Selain itu kontribusi diberikan oleh The New Daihatsu Terios. Medium SUV Daihatsu itu terjual sebanyak 14%, atau 1,703 unit dan Daihatsu Luxio sebanyak 5% atau 585 unit.

Adapun Daihatsu Sirion, produk CBU andalan Daihatsu, berhasil mencatat penjualan ritel sebanyak 136 unit di bulan ini.

Amelia mengatakan bonus akhir tahun merupakan faktor customer melakukan pembelian dan untuk menghindari kenaikan harga di awal tahun. "Inilah yang membuat penjualan ritel di bulan Desember tahun lalu sedikit lebih tinggi dibandingkan bulan ini," tambah Amelia.

RAJU FEBRIAN 

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi