Mulai November, VW Produksi Sedan Passat di Malaysia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 13 Februari 2011 08:44 WIB
VW Passat. autoevolution.com
TEMPO Interaktif, Pahang - Volkswagen (VW) divisi Malaysia bersama mitra lokalnya di negeri itu, DRB-Hicom, mulai November mendatang akan memproduksi varian sedan VW Passat . Mobil yang akan diproduksi di pabrik Pekan, yang berlokasi di Pahang untuk akan dipasarkan di kawasan Asia Tenggara dan negara-negara lainnya.

“Ini merupakan hasil dari kolaborasi antara DRB-Hicom dan Volkswagen yang diteken Desember tahun lalu,” tutur Datuk Seri Mustapa Mohamed, Menteri Industri dan Perdagangan Internasional Malaysia, di kompleks DRB-Hicom awal pekan lalu seperti dilansir autoevolution.com, Ahad (13/2).

Memang, saat ini belum ada kepastian dari VW ihwal mesin yang bakal diusung sedan tersebut. Namun, diperkirakan mesin itu tidak jauh berbeda dengan mesin All New Passat yang dipasarkan di berbagai belahan dunia yaitu 1.800 cc TSI yang bertenaga 160 daya kuda.

Mesin empat silinder yang dilengkapi peranti turbocharger ini diklaim lebih irit bahan bakar, yaitu hanya 6,9 liter untuk jarak 100 kilometer. Konsumsi bahan bakar generasi sebelumnya 7,4 liter per kilometer. Emisi CO2 yang dihasilkan pun lebih rendah, yaitu 160 gram per kilometer.

Sedangkan torsi maksimum 250 Newton meter (Nm) dicapai saat putaran mesin berada di kisaran 1.500 – 4.200 rpm. “Menggunakan mesin itu, Passat mampu berakselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kilometer per jam hanya dalam tempo 8,5 detik. Selain itu, sedan ini mampu digeber hingga 220 kilometer per jam,” papar VW.

Peranti transmisi yang digunakannya diperkirakan tak beda dengan Passat yang ada di pasar global saat ini. Di berbagai belahan dunia, sedan Passat dipasangi transmisi manual atau otomatis dan transmisi Direct Shift Gearbox (DSG) tujuh tingkat percepatan sebagai pilihan.

Pada tahun ini Passat di Malaysia akan diproduksi bersama dengan VW Jetta dan ditargetkan akhir tahun sudah kelar. Setelah itu, atau awal 2012, pabrik itu akan memproduksi sedan VW Polo.

Akankah model VW yang diproduksi di Malaysia ini jauh lebih murah ketimbang yang diimpor langsung dari Jerman? Hingga kini belum ada pernyataan resmi dari VW.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi