Toyota Akan Produksi Mobil Murah di Indonesia pada 2013  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 16 Februari 2011 11:43 WIB
Toyota Etios (Dok. Toyota)

TEMPO Interaktif, Tokyo - Toyota Motor Corporation (Toyota) bersama perusahaan di bawah payung pabrikan ini, Daihatsu Motor, akan memproduksi mobil murah di Indonesia. Selain dipasarkan di Indonesia, mobil itu rencananya juga dipasarkan ke negara lainnya di Asia.

Seperti dilansir Reuters dan dikutip Nikkei.com, Rabu (16/2), mobil tersebut berukuran lebih kecil dibanding Toyota Etios. Mobil Etios diluncurkan pada 2010 lalu dan dibanderol 800-900 ribu yen atau sekitar Rp 86,4-Rp 97,2 juta (kurs 1 yen = Rp 108).

Daihatsu Indonesia akan menginvestasikan dana 20 miliar yen atau sekitar Rp 2,16 triliun untuk membangun pabrik baru yang berkapasitas 100 ribu unit per tahun di Indonesia. "70 persen dari produksi mobil akan disuplai ke perusahaan induk (Toyota)," sebut Reuters.

Proses produksi dimulai pada 2013 mendatang, dan pada tahap awal jumlah produksi hanya 50 ribu unit. Melalui peningkatan produksi di Indonesia, Toyota berniat menjadikan Indonesia sebagai basis produksi kedua terbesar di Asia Tenggara setelah Thailand.

Namun, Shiori Hashimoto, juru bicara Toyota, masih enggan mengomentari berita tentang rencana produksi mobil murah itu.ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi