Mulai Juni, Porsche Pasarkan Panamera S Versi Hybrid  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 17 Februari 2011 08:43 WIB
Porche Panamera

TEMPO Interaktif, Jakarta - Produsen mobil asal Jerman, Porsche AG, berniat menggebrak pasar varian hybrid dengan meluncurkan Porsche Panamera S versi hybrid pada Maret mendatang.

Pabrikan ini mengklaim konsumsi bahan bakar Panamera S hybrid itu mencapai 48,4 mil per galon atau 20,38 kilometer per liter dan emisi CO2 hanya 159 gram per kilometer.

Seperti dilansir thegreencarwebsite.co.uk, Kamis (17/2), Porche merilis, “Efisiensi bahan bakar itu ditopang oleh beberapa peranti, satu di antaranya ban Michelin dengan tingkat rolling resistance yang rendah”.

Kendati menyandang teknologi hybrid, yaitu paduan antara mesin konvensional dan motor listrik, namun performa sebagai mobil sport tetap terjaga. Tenaga yang dihasilkan mencapai 380 daya kuda. “Bahkan, Panamera S hybrid  ini mampu melesat hingga 168 mil per jam (atau sekitar 269 kilometer per jam”.

Tak cuma itu. Mobil ini juga mampu berakselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kilometer per jam hanya dalam tempo 6 detik.  Lantaran itulah, Porsche berani sesumbar aura mobil sport masih kental di Panamera S hybrid tersebut.

Mesin konvensional dan motor listrik yang disandang Panmera S hybrid ini sama persis dengan yang digunakan oleh Porsche Cayenne hybrid. Mesin 3.000 cc V6 compressor mampu menyemburkan tenaga 333 daya kuda dan motor listrik bertenaga 47 daya kuda. Tenaga disalurkan ke roda melalui peranti transmisi  Tiptronic S delapan tingkat percepatan.

Menariknya, sumber setrum motor listrik itu akan diisi secara otomatis melalui proses pengereman yaitu kala pengemudi mengerem mobil maka energi mobil yang terbuang akan didaur ulang menjadi energi listrik dan disimpan di baterai  nickel metal hydride. Walhasil, motor listrik tidak akan pernah kehabisan sumber setrum.

Rencananya, peluncuran dilakukan di gelaran Geneva Auto Show 2011 yang dimulai 1 Maret mendatang. Adapun penjualan dimulai Juni mendatang.

Selain di Eropa dan Amerika, mobil ini juga bakal dipasarkan ke Asia. Akankah ke Indonesia. “Kami belum ada rencana, tetapi kalau bicara kemungkinan. Kemungkinan besar ada, karena Porsche Cayenne versi hybrid yang diluncurkan kuartal tiga 2010, ternyata juga banyak diminati konsumen di tanah air,” ujar sumber Porsche Indonesia saat dihubungi.

PT Eurokars Artha Utama (Porsche Centre Jakarta), distributor mobil sport Porsche di Indonesia, Jumat (23/10) meluncurkan varian teranyar dari Porsche Panamera, yaitu New Porsche Panamera. Porsche Panamera anyar yang diboyong ke Indonesia itu terdiri dari tiga tipe yaitu Turbo, 4S, serta S.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi