Duet VW-Bentley Siapkan Coupe dan SUV Anyar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 17 Februari 2011 23:03 WIB
Logo Bentley
TEMPO Interaktif, Stuttgart - Ambisi Grup Volkswagen (VW) -- yaitu VW dan beberapa mereka yang bernaung dibawah payung merek VW -- untuk menjadi produsen nomor wahid di dunia pada 2018 bukanlah isapan jempol belaka. Grup ini terus berupaya menggelontorkan produk anyar ke pasar otomotif global.
Kabar anyar yang dilansir AutoExpress dan dikutip autoevolution.com, Kamis (17/2) menyebut, pabrikan asal Jerman itu mendorong perusahaan yang berada dibawah payung VW untuk bahu membahu memproduksi produk baru. Bentley, perusahaan Inggris yang kini berada dibawah payung VW misalnya, kini dikabarkan tengah mempersiapkan varian coupe lima pintu dan sebuah Sport Utility Vehicle (SUV) Grand Turing.
"Beberapa bagian Coupe lima pintu itu akan berbagi (platform) dengan Porsche Panamera, dan dikembangkan dengan paduan antara (Bentley) Flying Spur dengan Continental GT," tulis AutoExpress.
Mobil itu diperkirakan mengusung mesin W12 dengan turbo ganda yang mampu menyemburkan tenaga hingga 600 daya kuda. Tetapi, kabar lain juga menyebut, ada kemungkinan mesin V8 dan mesin disel juga digunakan sebagai bagian dari varian itu.
Adapun mobil SUV yang dikenal dengan nama Cross Continental, dikembangkan dengan basis Porsche Cayenne. Porsche yang juga berasal dari Jerman itu, kini berada dibawah payung VW.
Mobil  anyar Bentley itu ditujukan untuk menyaingi Mercedes Benz SL63 dan Maserati Gran Turismo. Coupe anyar itu bakal diluncurkan 2013, yaitu setelah peluncuran Porsche Panamera generasi terbaru.
ARIF ARIANTO
#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi