Nissan Lengkapi March dengan Mesin Anyar DIG-S
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 20 Februari 2011 17:23 WIB
Nissan March (Arif Arianto/TEMPO)
TEMPO Interaktif, Paris - Mobil kecil Nissan Micra -- di Indonesia dan beberapa negara dinamai March -- bagi Nissan Motor Company merupakan satu diantara beberapa model andalan yang disiapkan untuk menggempur pasar mobil global.  Lantaran itulah pabrikan ini menyiapkan amunisi baru bagi mobil besutannya itu.
Warta paling anyar yang dilansir thegreencarwesibtes.co.uk, Ahad (20/2) menyebut, Nissan kini telah melengkapi mobil kecil itu dengan mesin baru yang dinamai New DIG -S  atau Direct Injection Gasoline -- Supercharger.  "Mesin ini menggunakan peranti injeksi langsung sehingga menghasilkan tenaga yang dahsyat, namun irit bahan bakar sekaligus rendah emisi," tulis laman itu.
Catatan yang disodorkan Nissan menyebut, tingkat emisi CO2 Micra (March) yang bermesin anyar itu, tak lebih dari 95 gram per kilometer (g/km) untuk model transmisi manual dan 115 g/km untuk varian yang bertransmisi otomatis Continously Variable Transsmision (CVT).
Paduan kinerja tinggi dari siklus Miller dan peranti injektor langsung menjadikan rasio kompresi proses pembakaran 13 :1. Tak cuma itu, peranti supercharger yang melengkapi kedua peranti itu menjadikan respon throttle by wire lebih tinggi sehingga menghasilkan tenaga tambahan secara instan.
Walhasil, DIG-S mampu menyemburkan tenaga hingga 98 PS dan torsi 142 Newton meter.  Mesin berkapasitas 1.200 cc empat silinder itu, juga diklaim sangat halus sehingga sangat minim gesekan.
Hanya, Nissan tak menyertakan data besaran konsumsi bahan bakarnya. Namun, yang pasti, efisiensi itu juga terwujud berkat penggunaan peranti start-stop.
Peranti ini membantu mematikan mesin sejenak kala mobil berhenti di depan lampu isyarat lalu lintas atau terjebak kemacetan dan mengkatifkannya kembali di saat pengemudi menginjak pedal gas.  Selain itu, Nissan juga melengkapinya dengan teknologi daur ulang tenaga atau regenerative energy system. Walhasil asupan bahan bakar juga bisa dihemat.
"Micra (March) DIG-S menetapkan standar baru bagi generasi mobil kota generasi anyar atau mobil berukuran kompak lainnya  yang bermesin bensin, untuk mengalahkan atau setara tingkat efisiensinya dengan model bermesin disel,"  papar Pierre Loing, Vice President Product Strategy and Planning, Nissan International SA.
Rencananya, Nissan March yang bermesin anyar itu akan diluncurkan di gelaran Geneva Auto Show 2011 yang berlangsung 3 - 13 Maret mendatang. Pada tahap awal dipasarkan di Eropa pada musim panas.
ARIF ARIANTO
#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi